Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Islami
DOI:
https://doi.org/10.30631/jigc.v7i1.88Keywords:
Manajerial, Kepala Sekolah, Karakter IslamiAbstract
Kepala sekolah memegang peranan penting dalam mendukung guru dan siswa. Dengan kemampuan peran manajerialnya, kepala sekolah dapat mengkoordinasikan, mengkonsolidasikan, memahami, mengatasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di lingkungan sekolah yang dipimpinnya. Sebagai pemimpin, pengelola dan pengendali administrasi pendidikan, kepala sekolah berperan besar dalam memastikan pendidikan berfungsi sebagai organisasi transformasional yang meningkatkan mutu sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tentang Peran Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas manajerial di SMPIT Nur Hidayah dalam pembentukan karakter Islami dan tujuannya adalah untuk mengetahui peran Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas manajerial dalam pembentukan karakter Islami di SMPIT Nur Hidayah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan analitis, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajerial di SMPIT Nur Hidayah adalah; mengkonsolidasikan pemimpin yang harus mempunyai kerangka atau visi, misi dan tujuan yang sama dengan yayasan dan kepala sekolah; Memastikan setiap kepala sekolah menjalankan tugasnya dengan baik dalam merancang pembelajaran yang dapat memasukkan nilai-nilai Islam sebagai upaya membentuk karakter siswa; Menjaga mutu pendidikan dengan menerapkan budaya sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai Islam; Membuat kebijakan berupa program sekolah dan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada




