ANALISIS STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BSI OTO PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SIPIN BAKARUDDIN JAMBI

Authors

  • Dessy Anggraini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Neneng Sudharyati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v2i2.1389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah BSI OTO pada PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sipin Bakaruddin Jambi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang didasarkan berdasarkan fenomena yang ada. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sipin Bakaruddin Jambi. Data penelitian berupa data primer dari hasil wawancara dan observasi dilapangan kepada petugas perbankan terkait. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) Strategi marketing syariah yang diterapkan oleh PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sipin Bakaruddin Jambi sudah dilaksanakan dengan baik namun belum maksimal, (2) Kendala yang dihadapi PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sipin Bakaruddin Jambi dalam menerapkan strategi marketing adalah kurangnya informasi terkait produk perusahaan secara online, offline, persaingan yang ketat dengan bank pesaing, dan minimnya pengetahuan nasabah akan produk perbankan tersebut, (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi tersebut adalah memperluas informasi kepada masyarakat baik secara online maupun offline.

References

Antonio, Muhammad Syafi'i. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta : Gema Insani Press.

Haryanto, Rudy. 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Pamekasan : Duta Media Publishing.

Hasan, Ali. 2010. Manajemen Pemasaran. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.

Huda, Nurul. 2020. Teori dan Aplikasi Pemasaran Syariah. Jogja : Kencana.

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Edisi Pertama, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

James G. Bames. 2015. Strategic marketing management, John Wiley & Sons, Inc.

Nasution. 2012. "Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17”. Jakarta : Bumi Aksara.

Nengsih, T. A., Bertrand, F., Maumy-Bertrand, M., & Meyer, N. (2019). Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set. Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, November.

Prayitno. 2010. Manajemen Strategi. Bandung : Yrama Widya.

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.

Rosmanidar, E., Ahsan, M., Al-Hadi, A. A., & Thi Minh Phuong, N. (2022). Is It Fair To Assess the Performance of Islamic Banks Based on the Conventional Bank Platform? ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 23(1), 1–21.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25.

Usdeldi, U., Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2022). The Mediate Effect Of Sharia Compliance on The Performance of Islamic Banking in Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(1), 247–264.

Published

2022-09-29

Most read articles by the same author(s)