ANALISIS PERSEPSI NASABAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA LAYANAN BSI MOBILE (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG JAMBI)

Penulis

  • Dessy Anggraini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dewi Sartika Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v4i2.2734

Kata Kunci:

Persepsi Nasabah, Strategi Pemasaran, Mobile Banking.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pelanggan terhadap Layanan BSI Mobile di BSI KC Jambi dan untuk mengetahui pendapat mereka mengenai strategi pemasaran yang diterapkan dalam penyediaan Layanan BSI Mobile di BSI KC Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi terhadap 10 nasabah BSI KC Jambi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa persepsi nasabah terhadap layanan yang diberikan mobile banking relatif baik dan aplikasi mobile BSI juga sangat bermanfaat bagi nasabah. Dalam hal ini BSI Mobile menekankan bahwa strategi promosi aplikasi BSI Mobile yaitu penetapan harga produk BSI Mobile Banking berdasarkan persepsi nasabah yaitu harga/biaya yang ditawarkan BSI Mobile tetap sesuai standar.

Referensi

Al Arif, M. N. R. 2012. Lembaga Keuangan Syariah: Jakarta: Rajawali.

Andespa, R. 2016. Strategi Industri Perbankan di Sumatera Barat: Pemilihan Segmentasi Pasar untuk Menciptakan Pelayanan yang Memuaskan. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 47-62.

Aniga, S., & Hariyanto, E. 2016. Pengaruh Jenis Nasabah Dan Frekuensi Pencairan Pembiayaan Terhadap Profit Margin Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Iqtishadia Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 3(1), 87-99.

Atmadjati, A. 2018. Layanan Prima Dalam Praktik Saat Ini. Bandung: Alfabeta.

Bungin, B. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran. Bandung: Refika Adiama.

Bungin, P. D. H. B., & Sos, S. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Bandung : Alfabeta.

Cahyani, P. D. 2016. Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), 151-162.

Fadillah, D., Rahmayanti, D., & Syifa, I. F. 2020). Studi Literatur Manajemen dan Risiko Kepatuhan pada Bank Syariah. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17(01), 38-41.

Faesal, S. 2009. Penelitian Kualitatif, Dasar–Dasar dan Aplikasinya. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh (Y A3).

Fatoni, A. 2006. Metodologi Penelitian dan Penyusunan Skripsi.

Fatoni, A., & Sidiq, S. 2019). Analisis Perbandingan Stabilitas Sistem Perbankan Syariah dan Konvensional di Indonesia. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, 11(2), 179-198.

Filomeni, S. & Kok, S. K., 2021. The holding behavior of Shariah financial assets within the global Islamic financial sector: A macroeconomic and firm-based model. Global Finance Journal, 50, 100557

Ghofur, A. 2017. Strategi Pemasaran Bank Madina Syariah Bantul Yogyakarta Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Gofur, A. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37- 44.

Hamdani, H., Parman, P., & Inna, N. 2019. Analisis Penyelenggaraan Pasar Sehat TAC Kota Jambi Tahun 2019. Scientia Journal, 8(1), 175-190.

Hadi, S. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan mobile banking.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama