IMPLEMENTASI FITUR QRIS BSI MOBILE SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN NON TUNAI PADA NASABAH BSI KC JAMBI HAYAM WURUK

Penulis

  • Mhd. Raihan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahsan Putra Hafiz UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dessy Anggraini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/7104s857

Kata Kunci:

Implementasi, Fitur QRIS, BSI Mobile, Pembayaran Non Tunai.

Abstrak

Implementasi fitur QRIS merupakan salah satu inovasi layanan digital dalam sistem pembayaran non tunai di sektor perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi penggunaan fitur QRIS pada BSI Mobile sebagai alat pembayaran non tunai bagi nasabah Bank Syariah Indonesia di KC Jambi Hayam Wuruk. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan informan yang terdiri dari pegawai bank, nasabah, dan merchant, serta menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi fitur QRIS pada BSI Mobile dilaksanakan melalui pelatihan internal, edukasi kepada nasabah, penyediaan sarana penunjang, serta integrasi sistem secara menyeluruh; 2) kendala dalam implementasi fitur QRIS meliputi rendahnya literasi keuangan digital, ketidak percayaan terhadap sistem pembayaran digital, serta kendala teknis seperti gangguan jaringan dan keterbatasan perangkat nasabah; 3) dampak dari penggunaan fitur QRIS pada BSI Mobile dirasakan positif oleh nasabah dan merchant, terutama dalam hal efisiensi transaksi, peningkatan keamanan, serta mendorong peralihan dari transaksi tunai ke non tunai secara bertahap.

Referensi

Bank Syariah Indonesia. 2025. “Profil BSI KC Jambi Hayam Wuruk Jambi”.

Bank Syariah Indonesia. 2025. “Visi dan Misi Bank Syariah Indonesia”.

Fiantika, Feny Rita et al. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif (Padang: PT Global Eksekutif Teknoligi)

Jajasan Penjelenggara Penterdjemah Pentafsir. 2019. Al-Qur'an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an).

Kris H. Timotius. 2017. Pengantar metodologi penelitian, pendekatan manajemen pengetahuan untuk perkembangan pengetahuan (Yogyakarta: Andi).

Mamuko et al., "Implementasi strategi Customer Relationship Management pada industri Financial Technology Microfinance Syariah di Indonesia," Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, Vol. 5 no. 1 (April 25, 2022).

Milza Anita Tri et al., "Implementasi BSI Mobile Sebagai Wujud Tercapainya Paperless dan Penerapan Green Banking,” Indonesian Journal of Accounting and Business, Vol. 3 No.1 (November 29, 2021).

Milza Anita Tri et al., "Implementasi BSI Mobile Sebagai Wujud Tercapainya Paperless Dan Penerapan Green Banking,” Indonesian Journal of Accounting and Business, Vol. 3 No.1 (November 29, 2021).

Mustafa Pinton Setya et al., Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga (Mojokerto: Insight Mediatama, 2022).

Paramitha Dyah Ayu, and Dian Kusumaningtyas, QRIS (Kediri: Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI, 2020).

Putri, Sri Andika, and Warianto Warianto, "Pengaruh pelatihan dan kalimat motivasi terhadap produktifitas kerja karyawan umkm," Optima, Vol. 1 no. 1 (2017).

Ritonga, Zuriani, Buku ajar manajemen strategi teori dan aplikasi (Deepublish, 2020).

Wasiaturahma et al., Fintech dan Prospek Bisnis Koperasi Syariah (Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2019).

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama