PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN, MOTIVASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi)

Penulis

  • Rafidah Rafidah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Efni Anita UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Siti Mawarni UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v3i2.1671

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen, motivasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah (studi pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi). Objek yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi dari tahun 2017 sampai tahun 2021 pada bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan konsumen, motivasi, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Berdasarkan hasil uji F (simultan) didapatkan hasil bahwa variabel pengetahuan konsumen, motivasi, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah hal ini dibuktikan melalui pengujian uji f yaitu fhitung > ftabel atau 75,867 > 2,702 dengan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien determinan sebesar 0,701, hasil ini menunjukkan bahwa 70,1% yang artinya menunjukkan nilai keputusan menjadi nasabah dipengaruhi oleh nilai pengetahuan konsumen, motivasi dan kualitas pelayanan pada Bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi sedangkan sisanya sebesar 29,9% nilai keputusan menjadi nasabah dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Referensi

A. Wawan dan Dewi M. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Mulia Medika, 2011.

Agung Feryanto. Uang dan Bank. Klaten: Penerbit Cempaka Putih, 2019.

Alhusain, Achmad Sani. "BANK SYARIAH INDONESIA: TANTANGAN DAN STRATEGI DALAM MENDORONG PEREKONOMIAN NASIONAL.” Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI XIII (Februari 2021): 6.

Indah Wahyu Utami. Perilaku Konsumen Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. CV PUSTAKA BENGAWAN, 2017.

Kompasiana.com. "Kualitas Pelayanan Bank Syariah.” KOMPASIANA, 13 Desember 2016.https://www.kompasiana.com/rizkilailya/584fd4427893732c191e0964/kualitas pelayanan-bank-syariah.

Muhammad. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.

Nengsih, T. A. (2021). Jambi Province Economic Growth using Principal Component Regression in Islamic Economic Perspective. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 36(01).

Novi Nugrahani Kusumawati. "Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BRI Syariah KCP Ponorogo.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019.

Nugroho J. Setiadi. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konumen. Jakarta: Kencana, 2013.

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.

Rosmanidar, E., Ahsan, M., Al-Hadi, A. A., & Thi Minh Phuong, N. (2022). Is It Fair To Assess the Performance of Islamic Banks Based on the Conventional Bank Platform? ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 23(1), 1–21.

Soegeng Wahyoedi dan Saparso. Loyalitas Nasabah Bank Syariah: Studi Atas Religitas, Trust dan Loyalitas. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Suryani dan Hendryadi. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana, 2015.

Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25.

Usdeldi, U., Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2022). The Mediate Effect Of Sharia Compliance on The Performance of Islamic Banking in Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(1), 247–264.

Zainul Arifin. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Azkia Publisher, 2009.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-26