ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENJADI NASABAH  BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam)

Penulis

  • Rabiyatul Alawiyah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Efni Anita UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agus Akbariansah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/14ebpb62

Kata Kunci:

Bank Syariah, Minat Mahasiswa, Lokasi, Fasilitas Pelayanan, Promosi, Religiusitas.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kurangnya minat mahasiswa semester V dan VII Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menjadi nasabah bank syariah, dengan fokus pada variabel lokasi, fasilitas pelayanan, promosi, dan religiusitas. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat penetrasi bank syariah di kalangan mahasiswa meskipun bank syariah memiliki keunggulan dalam prinsip kesesuaian syariah dan keadilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial seluruh variabel bebas—lokasi (t = 7,003; p < 0,05), fasilitas pelayanan (t = 8,762; p < 0,05), promosi (t = 8,967; p < 0,05), dan religiusitas (t = 10,105; p < 0,05)—berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa. Secara simultan, keempat variabel tersebut berpengaruh signifikan (F = 75,963; p < 0,05) dengan kontribusi sebesar 76,2% terhadap variasi minat mahasiswa, sedangkan sisanya 23,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi terpadu yang menggabungkan kemudahan akses lokasi, peningkatan kualitas fasilitas, promosi yang efektif, serta penguatan nilai religius dalam menarik minat generasi muda menjadi nasabah bank syariah.

Referensi

Ahmad, A. 2019. Strategi Pemasaran dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. Yogyakarta: Andi Offset.

Bariyah, S. I. 2023. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Mini Syariah (Studi Kasus Bank Mini Syariah UINSA).” JSE Jurnal Sharia Economica. 2(1). 1-19.

Budiastuti D. dan Bandur A. 2018. Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Claudia, C. Efni Anita, Nurlia. 2023. Pengaruh Persepsi Risiko Dan Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Minat Investasi Saham Syariah. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Akuntansi. Vo. 3 (2).

Febrianto, H. D. 2023. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah.” Journal of Macroeconomics and Social Development. 1(2). 1-22.

Fuady, Munir. 2020. Hukum Perbankan Modern Berdasarkan UU No. 10 Tahun 1998. Bandung: Citra Aditia Bakti.

Hakim, Lukmanul. 2021. Manajemen Perbankan Syariah. Pemekasan: Duta Media Publishing.

Haryono, R., Mubyarto, N., & Ferawati, R. 2021. Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Journal of Comprehensive Islamic Studies, Vol. 1 No., 134-156.

Ismail, A. R., & Ariff, M. 2018. The Role of Islamic Banking in Sustainable Economic Development. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. 2020. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler dan Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Laksana, M. F. 2019. Praktisi Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV. Al Fath Zumar.

M.N. Ghufron dan R. Risnawita. 2020. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mankiw, N. G. 2020. Principles of Economics. Jakarta: Erlangga.

Maretha, E. V., Latifah, F. N., & Masruchin, M. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Mahasiswa Sidoarjo Menjadi Nasabah Bank Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 8(1). 205-212.

Marranitha, I. D. A. R. P., & Suardana, I. B. R. 2020. “Pengaruh Kepercayaan, Selisih Bunga Kredit dengan Bank Umum, dan Kemudahan Proses Kredit terhadap Minat Mahasiswa dalam Menggunakan Layanan Fintech Berbasis Pinjaman Online: Studi Kasus di PTN dan PTS Provinsi Bali.” TIERS Information Technology Journal. 1(2).

Moch. Darsyah Sinungan. 2020. Manajemen Dana Bank. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammas Syafi’i Antonio. 2021. Bank Syariah: Dari Teori Kepraktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Santi, M. 2015. Bank Umum vs Bank Syariah. Jakarta. EKSYAR Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam.

Sevilla, C.G., J.A. Ochave, T.G. Punsalan, B.P. Regala, dan G.B. Uriarte. 2017. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI Press.

Silalahi, C. A. P., & Sultami, D. I. 2020. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Menabung di Bank Syariah.” Jurnal Ekonomi Islam. 3(1). 70-76.

Soehadi, A. W., Simandjuntak, D., & Kusmulyono, M. S. 2019. Mahasiswa Pengusaha: Gerakan Generasi Muda Menjawab Tantangan Ekonomi Indonesia 2045. Prasetiya Mulya Publishing.

Sofyan Assauri. 2016. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suardi Wekke, Ismail. 2019. Metode Penelitian Sosial Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Adi Karya Mandiri.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sushella, M. P., Maslichah, M., & Sari, A. F. K. 2024. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Mahasiswa Muslim Dalam Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Muslim Kota Malang).” Jurnal Warta Ekonomi. 7(02).

Zahra, dkk. 2024. “Fiqh Perbankan Syariah.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. (42). 514-528.

Zubairi, Hasan. 2019. Undang-Undang Perbankan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30