PENGARUH PEMAHAMAN BAGI HASIL DAN LOKASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT DESA PENYENGAT OLAK)
DOI:
https://doi.org/10.30631/5vyhz673Kata Kunci:
Perbankan Syariah,Bagi Hasil,Minat Masyarakat.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman bagi hasil dan lokasi terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah di Desa Penyengat Olak, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah, dengan nilai t hitung sebesar 6,831 dan signifikansi 0,000. Selain itu, lokasi juga berpengaruh signifikan dengan t hitung 8,441 dan signifikansi 0,000. Secara simultan, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 53,6%. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman masyarakat tentang sistem bagi hasil serta aksesibilitas lokasi bank syariah dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan layanan perbankan syariah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi bank syariah dalam merancang strategi pemasaran dan edukasi kepada masyarakat.
Referensi
Ali, Zainuddin. (2008). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.
Antonio, Muhammad Syafi'i. (2013). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Ascarya. (2011). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cahyono, A. T., Widyanto, E. A., & Anjani, I. A. (2022). Pengaruh Pemahaman Bagi Hasil dan Kepercayaan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Tahun 2022. Jurnal EKSIS.
Harahap, P. R., Indrawati, H., & Mujiono. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kota Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 14(2).
Kusumah, A., & Sailawati. (2020). Pengaruh Pemahaman Tentang Bagi Hasil dan Bunga Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Ekis, 16(1).
Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung dengan Persepsi Masyarakat sebagai Variabel Moderating di Pati. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MARGIN: Journal of Islamic Banking

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
International Journal of Islamic Education, Research, and Multiculturalism is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
