PENGARUH PEMAHAMAN BAGI HASIL DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT KECAMATAN ALAM BARAJO

Penulis

  • Dewi Lestari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rafidah Rafidah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mellya Embun Baining UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v2i1.1162

Kata Kunci:

Pemahaman Bagi Hasil, Lokasi, Minat Menjadi Nasabah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Pemahaman Bagi Hasil dan Lokasi berpengaruh terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui kuesioner dengan instrumen skala likert. Subjek dalam penelitian ini merupakan masyarakat Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Sampling Insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil uji t (parsial) variabel Pemahaman Bagi Hasil (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Variabel Lokasi (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Sedangkan dari hasil uji f (simultan) Pemahaman Bagi Hasil (X1) dan Lokasi (X2) secara simultan atau secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah.
Kata Kunci :Pemahaman Bagi Hasil, Lokasi, Minat Menjadi Nasabah

Referensi

Anonim, 2017. Al-Qur'an dan Terjemahannya, Banndung: Syamil Al-Qur'an.

Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Anwar, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi Kartika, Pengaruh Pemahaman Mahasiswa Perbankan Syariah Atas Bagi Hasil Dan Bunga Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Surakarta Angkatan 2014-2016 (Skripsi IAIN Surakarta, 2017).

Dzaky Fauzan Untoro, Pengaruh Faktor Promosi, Kepercayaan, Pendapatan Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah(Studi Kasus Wilayah Tangerang Raya) (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020).

Firdiansyarh, Indra. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam.” Jurnal Elektronik 01 (2017).

Hardi, Eja Armaz. "Fatwa Dosen MUI Dan Perkembangan Produk Perbankan Syariah Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Syariah 05 (April 2019).

Ismail, 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kasmir, 2008. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kusumah, Angga, and Sailawati. "Pengaruh Pemahaman Tentang Bagi Hasil Dan Bunga Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda).” Jurnal Eksis 16 (April 2020).

Lupiyadi, Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Komputer Edisi Ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

M.Ardiansyah Yahya, Pengaruh Pemahaman Bagi Hasil Dan Bunga Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Pada Mahasiswa Perbankan Syariah, (Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020)

Muanas, and Arif, 2014. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Gerbang Media Aksara.

Muhammad, 2005. Manajemen Bank Syariah. UPP AMP YKPN.

Nengsih, T. A. (2021). Jambi Province Economic Growth using Principal Component Regression in Islamic Economic Perspective. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 36(01).

Peter, and Olson, 2013. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Rahma, Sri. "Pengaruh Nilai Taksir, Jasa Titip, Promosi Dan Prosedur Pencairan Terhadap Permintaan Gadai Emas.” JEBI, 2021.

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.

Rosmanidar, E., Ahsan, M., Al-Hadi, A. A., & Thi Minh Phuong, N. (2022). Is It Fair To Assess the Performance of Islamic Banks Based on the Conventional Bank Platform? ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 23(1), 1–21.

Sari, Novita Erliana, Nik Amah, and Yahya Reka Wirawan. "Penerapan Prinsip Bagi Hasil Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menabung Pada Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun.” Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 5 (2017).

Siregar, Erwin Saputra. "Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perbankan Syariah Terhadap Market Share Aset Perbankan Syariah Di Indonesia.” Jurnal Of Islamic Economics, Finance, and Banking, n.d.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25.

Usdeldi, U., Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2022). The Mediate Effect Of Sharia Compliance on The Performance of Islamic Banking in Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(1), 247–264.

Wahyuni, Sri, 2017. "Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari'ah.” At-Tawassuth 2.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-29