ANALISIS PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/rprkxm70Kata Kunci:
Persepsi, Perbankan Syariah, Generasi Z.Abstrak
Perbankan syariah merupakan sistem perbankan yang menggunakan hukum islam. Dimana terdapat larangan Islam untuk mengambil bunga (riba) dan larangan pada investasi pada usaha-usaha yang haram. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana persepsi dan apa saja faktor yang mempengaruhi generasi Z di Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi terhadap perbankan syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melalui data primer dan sekunder kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa persepsi generasi Z di Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi terhadap perbankan syariah berada pada tingkat yang cukup baik, terutama dalam hal pemahaman dasar mengenai prinsip-prinsip dasar perbankan syariah seperti bebas riba, sistem bagi hasil, dan nilai keadilan ekonomi. Meskipun demikian, pemahaman mereka umumnya masih bersifat umum dan belum menyentuh aspek-aspek mendalam seperti akad-akad dalam transaksi syariah. Kemudian faktor yang mempengaruhi persepsi generasi Z di Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi terhadap perbankan syariah yaitu faktor internal antara lain minat, kepentingan dan kebiasaan. Kemudan faktor eksternal antara lain pendidikan dan lingkungan keluarga.
Referensi
Adiwarman Karim. 2013. Perbankan Islam: Fiqih dan Analisis Keuangan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).
Alex Sobur. 2010. Psikologi Umum, (Bandung: CV. Pusaka Setia).
Amir Machmud dan Rukmana. 2010. Perbankan Syariah: Teori, Kebijakan dan Kajian Empiris di Indonesia, (Jakarta: Penerbit Erlangga).
Arda M. (2019). Meningkatkan keunggulan kompetitif dengan analisis SWOT. PERWIRA-Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2(1).
Bimo Walgio. 2005. Pengantar Psikologi Umum, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Burhanudin Susanto. 2008. Hukum Perbankan Syariah di Indonesia, (Yogyakarta: UII Press Yogyakarta).
Diana Angelica. 2008. Perilaku Organisasi (Jakarta: selemba Empat).
Febrianty, S.E., dan Muhammad, S. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Generasi Z di UPPM Universitas Malangayati.
Galih Sakitri, selamat datang Generasi Z, penggerak inovasi. Jurnal Manajemen. Volume 35, No. 2 (2021).
Informasi Perusahaan Bank Syariah Indonesia (diakses 26 Mei 2024), https://www.bankbsi.co.id/company-information/tentang-kami
Irham Fahmi. 2016. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapan (Bandung: Alfabeta).
Jalaludin Rahmat. 2004. Psikologi Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya).
Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada).
Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT. Indeks).
Kurnialis S., Uliya Z., Aulasiska M., dan Nizam M. S. (2022) menyatakan bahwa pengembangan perbankan syariah tengah berlangsung di berbagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Syarikat: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2).
Lubis, H. A. S., & Ricka Handayani, M. M. 2023. Generasi Z dan Entrepreneurship. Bypass.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2015. Balai Pustaka, Jakarta.
Ratih Huryati. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha.
Retnayu Prasetyanti, “Generasi Millennial dan Inovasi Jejaring Demokrasi Teman Ahok”, Vol. 3, No. 1, 2017.
Sarlito W. Sarwono dalam karyanya Psikologi Lintas Budaya. 2014. (Jakarta: Rajawali Pers).
Setiadi Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya terhadap Strategi dan Penelitian dalam Pemasaran (Jakarta: Prenada Media Group).
Syamsu Q. Badu dan Novianty Djafri dalam bukunya Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. 2017. (Gorontalo: Ideas Publishing).
Thamrin Abdullah dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran. cet. II. 2013. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada).
Wahyudin Darmalaksana dalam bukunya Cara Menulis Proposal Penelitian. 2020. (Bandung: Fakultas Ushuludin UIN Sunan Gunung Djati).
Wajo, A., & Betawi, E. (2021). Pandangan nasabah mengenai produk Tabungan IB Hasanah serta pengaruhnya terhadap minat menabung nasabah. Al-Qashdu: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(2), 109-123.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MARGIN: Journal of Islamic Banking

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
International Journal of Islamic Education, Research, and Multiculturalism is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
