PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP SINGKUT PADA MASYARAKAT DESA PELAWAN JAYA
DOI:
https://doi.org/10.30631/margin.v1i1.840Keywords:
Promosi, pengetahuan, kepercayaan, minat, bank syariah, analisis regresi linear bergandaAbstract
Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk menarik minat masyarakat menabung di bank, salah satunya adalah promosi. Promosi bisa dilakukan melalui media sosial, periklanan dan lain sebagainya. Selain dari itu bank juga harus memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang produk tabungan serta menjaga kepercayaan masyarakat sehingga bisa menambah minat masyarakat untuk menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Singkut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memperoleh data primer dari kuesioner dengan mengambil responden sebanyak 86 orang. Hasil penelitian uji-t menujukkan bahwa variabel promosi dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan. Adapun hasil penelitiam uji-F menyatakan bahwa promosi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersama- sama terhadap minat menabung. Nilai koefisien determinasi dari promosi, pengetahuan dan kepercayaan sebesar 28,4% terhadap minat menabung masyarakat.
References
Anggita Novita dan Gampu. 2015. Analisis Motivasi, Persepsi, Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3, no.3, 113.
Budi Wilarjo, Setia. 2004. Pengertian, Peranan, dan Perkembangan Bank Syariah di Indonesia, Vol 2, no. No. 1,
Dayyan, Muhammad. 2019. Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Jurnal Ilmiah Mahasiswa Febi IAIN Langsa 1, (2), 4.
Iranati, Rahma Bellani Oktavindria. 2017. Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah B.S. thesis, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 4.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran Jakarta: Erlangga
Muh, Nur Eli Ibrahim. 2019. Produk kreatif dan kewirausahaan, Yogyakarta: Penerbit ANDI
Nengsih, T. A., Bertrand, F., Maumy-Bertrand, M., & Meyer, N. (2019). Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set. Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, November.
Nengsih, T. A. (2021). Jambi Province Economic Growth using Principal Component Regression in Islamic Economic Perspective. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 36(01).
Nengsih, T. A., Nofrianto, N., Rosmanidar, E., & Uriawan, W. (2021). Corporate Social Responsibility on Image and Trust of Bank Syariah Mandiri. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 13(1), 151–170.
Neysa Setyawan, Yohana. 2014. Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya, Jurnal Strategi Pemasaran 2, no. 1, 2.
Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.
Rosyid, Masykur dan Saidiah, Halimatu. 2017. Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri Dan Guru, Islaminomics: Journal Of Islamic Economics, Business And Finance 7, no. 2. 39.
Suryani, tatik. 2017. Manajemen pemasaran strategik bank di era global Jakarta: Pranamedia group
Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar, Sukabumi: Haura Publishing
Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 MARGIN: Journal of Islamic Banking

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
International Journal of Islamic Education, Research, and Multiculturalism is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.

