PENGARUH PEMAHAMAN BAGI HASIL DAN LOKASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT DESA PENYENGAT OLAK)

Authors

  • khairul anwar UIN SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
  • Efni Anita UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Munsarida Munsarida UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/5vyhz673

Keywords:

Perbankan Syariah,Bagi Hasil,Minat Masyarakat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman bagi hasil dan lokasi terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah di Desa Penyengat Olak, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah, dengan nilai t hitung sebesar 6,831 dan signifikansi 0,000. Selain itu, lokasi juga berpengaruh signifikan dengan t hitung 8,441 dan signifikansi 0,000. Secara simultan, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 53,6%. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman masyarakat tentang sistem bagi hasil serta aksesibilitas lokasi bank syariah dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan layanan perbankan syariah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi bank syariah dalam merancang strategi pemasaran dan edukasi kepada masyarakat.

References

Ali, Zainuddin. (2008). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.

Antonio, Muhammad Syafi'i. (2013). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Ascarya. (2011). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cahyono, A. T., Widyanto, E. A., & Anjani, I. A. (2022). Pengaruh Pemahaman Bagi Hasil dan Kepercayaan terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Tahun 2022. Jurnal EKSIS.

Harahap, P. R., Indrawati, H., & Mujiono. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kota Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 14(2).

Kusumah, A., & Sailawati. (2020). Pengaruh Pemahaman Tentang Bagi Hasil dan Bunga Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Ekis, 16(1).

Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung dengan Persepsi Masyarakat sebagai Variabel Moderating di Pati. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1).

Published

2025-09-30