PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT KELURAHAN CEMPAKA PUTIH KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/margin.v3i2.1704Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap minat menabung di Bank Syariah pada masyarakat Kelurahan Cempaka Putih Kota Jambi. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda dengan terlebih dahulu dilakukan pengujian dilakukan pengujian asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian uji-t menunjukan bahwa variabel lokasi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan. Adapun hasil penelitian uji-F menyatakan bahwa lokasi dan promosi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap minat menabung. Nilai koefisien determinan sebesar 36,6 % terhadap minat menabung masyarakat
References
Astuti, Tri, Dan Rr Indah Mustikawati. "Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah.” Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen 2, No. 1 (1 April 2013): 182–98.
Adam, Muhammad. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan ke 2. Bandung: Alfabeta, 2018.
Buchari, Alma. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2018.
Dwi Cahyani, Putri. "Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta.” Esensi: Jurnal Bisnis Dan Gautama Siregar, Budi. "Pengaruh Promosi Dan Lokasi Usaha Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Giro Wadi'ah Di Pt.Bank Sumut Cabang Syariah Padang Sidimpuan.” Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Keislaman Vol.2 (Desember 2016).
Habriyanto, Dan Bambang Kurniawan. "Determinan Minat Mahasiswa Fakultas Syariah Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Menabung Pada Bank Syariah Xyz.” Iltizam Journal Of Shariah Economics Research 5, No. 1 (13 Juni 2021): 73–85.6 (Oktober 2016): 151–62.
Hikmah, Muhammad. "Tingkat Ketertarikan Masyarakat Muslim Terhadap Bank Syariah Di Yogyakarta, Indonesia.” Forum Ilmiah Keuangan Negara 4, No. 1 (2017): 2–2.
Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. Cet.1. Jakarta: Kencana, 2011.
Kara, Muslimin. "Konstribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Ahkam : Jurnal Ilmu Syariah 13, No. 2 (7 Agustus 2013).
M.M, Kasmir. Pemasaran Bank. Cet. 5. Jakarta: Prenada Media, 2018
Putra, I. Gst B. Ngr P., Ida Ayu Dinda Priyanka Maharani, dan Dewi Soraya. Kewirausahaan. Bali: Nilacakra, 2021.
Nengsih, Titin Agustin, Muhammad Maulana Hamzah, Dan Anisah Olida. "Analisis Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia Studi Empiris Desa Pelawan Jaya.” Al Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah 5, No. 2 (11 Oktober 2021): 28–39.
Qomariah, Nurul. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jember).” Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen 10, No. 1 (2011).
Rafidah, R. (2023). Indonesian islamic bank return on assets analysis: Moderating effect of musyarakah financing. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 7(2), 200–216.
Rahman Shaleh, Abdul, dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam). Cet. Pertama. Jakarta: Prenada Media, 2004.
Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.
Rosmanidar, E., Ahsan, M., Al-Hadi, A. A., & Thi Minh Phuong, N. (2022). Is It Fair To Assess the Performance of Islamic Banks Based on the Conventional Bank Platform? ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 23(1), 1–21.
Sitorus, Santun R. P. Penataan Ruang. PT Penerbit IPB Press, 2019.
Siyoto, Sandu, dan Muhammad Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing, 2015.
Sumarwan, Ujang, Ahmad Jauzi, dan dkk. Riset Pemasaran dan Konsumen (Panduan riset dan kajian:kepuasan,perilaku pembelian,gaya hidup,loyalitas dan persepsi risiko? Cet.1. Bogor: PT.Penerbit IPB Press, 2011.
Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25.
Usdeldi, U., Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2022). The Mediate Effect Of Sharia Compliance on The Performance of Islamic Banking in Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(1), 247–264.
Wanto, Muhammad. "Implementasi Akad Produk Tabungan Rencana Di PT. Bank Syariah Mega Indonesia Gallery Cianjur.” Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 5, No. 1 (2014): 75–97.
Yunita, Rima. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2009 –2012).” Jurnal Akuntansi Indonesia 3, No. 2 (15 November 2016): 143.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MARGIN: Journal of Islamic Banking

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
International Journal of Islamic Education, Research, and Multiculturalism is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.

