MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Penulis

  • Amirul Mukminin Al Anwari
  • Nurma Yeni SDN 170/VIII PURWOHARJO
  • Padya Hayati SMPN 01 SUNGAI PENUH
  • Rabiatul Hadawiyah SMAN 10 BATANGHARI
  • Reti Diana SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL
  • Ririn Swastika SMPN 26 TEBO

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Cooperative, Make a Match, Asmaul Husna

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 170/VIII Purwoharjo pada materi teladan mulia asmaul husna dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Siklus I menggunakan metode konvensional ceramah, sedangkan siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan pada siklus II. Peningkatan ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 74,78% pada siklus I menjadi 90,43% pada siklus II, serta meningkatnya persentase ketuntasan belajar siswa dari 69,56% menjadi 86,95%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Model ini juga dapat meningkatkan aktifitas siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 170/VIII Purwoharjo.

Diterbitkan

2024-08-02

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 46-56. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2654