MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH
Keywords:
Hasil Belajar, Cooperative, Make a Match, Asmaul HusnaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 170/VIII Purwoharjo pada materi teladan mulia asmaul husna dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Siklus I menggunakan metode konvensional ceramah, sedangkan siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan pada siklus II. Peningkatan ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 74,78% pada siklus I menjadi 90,43% pada siklus II, serta meningkatnya persentase ketuntasan belajar siswa dari 69,56% menjadi 86,95%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Model ini juga dapat meningkatkan aktifitas siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 170/VIII Purwoharjo.







