PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KOLABORASI METODE PADA PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS DI MTS NEGERI 1 REJANG LEBONG KELAS 7A

Penulis

  • Ismi Fenty Nopriyani MTSN 1 REJANG LEBONG, LUBUK LINGGAU
  • Kasnawi Kasnawi MAN 1 PIDIE JAYA
  • Laili Fitria MIN 3 LAMPUNG UTARA
  • Marzani Marzani MIN 2 BATANG HARI
  • Nahdlatussysyawaliyah Nahdlatussysyawaliyah MTSN 2 KOTA LHOKSEUMAWE
  • Nisa Azizah MA AL-HIKMAH
  • Nurhasanah Nurhasanah MIT MEUNARA BARO

Kata Kunci:

Minat Belajar, Qur'an Hadits, Metode Kolaborasi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa Pada Pelajaran Qur'an Hadits, saat ini siswa masih didominasi oleh metode ceramah, dimana metode ini tidak begitu banyak mengembangkan kemampuan berfikir siswa terutama dalam memecahkan suatu permasalahan, Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kolaborasi pada mata pelajaran Qur'an Hadits diterapkan selama dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat siswa dengan rata-rata nilai minat mencapai 8,2 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat dengan rata-rata nilai ulangan harian mencapai 7,8, dan 70% siswa mencapai ketuntasan belajar. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kolaborasi metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Diterbitkan

2023-01-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KOLABORASI METODE PADA PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS DI MTS NEGERI 1 REJANG LEBONG KELAS 7A. (2023). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 90-100. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2667