PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KOLABORASI METODE PADA PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS DI MTS NEGERI 1 REJANG LEBONG KELAS 7A

Authors

  • Ismi Fenty Nopriyani MTSN 1 REJANG LEBONG, LUBUK LINGGAU
  • Kasnawi MAN 1 PIDIE JAYA
  • Laili Fitria MIN 3 LAMPUNG UTARA
  • Marzani MIN 2 BATANG HARI
  • Nahdlatussysyawaliyah MTSN 2 KOTA LHOKSEUMAWE
  • Nisa Azizah MA AL-HIKMAH
  • Nurhasanah MIT MEUNARA BARO

Keywords:

Minat Belajar, Qur'an Hadits, Metode Kolaborasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa Pada Pelajaran Qur'an Hadits, saat ini siswa masih didominasi oleh metode ceramah, dimana metode ini tidak begitu banyak mengembangkan kemampuan berfikir siswa terutama dalam memecahkan suatu permasalahan, Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kolaborasi pada mata pelajaran Qur'an Hadits diterapkan selama dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat siswa dengan rata-rata nilai minat mencapai 8,2 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat dengan rata-rata nilai ulangan harian mencapai 7,8, dan 70% siswa mencapai ketuntasan belajar. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kolaborasi metode pembelajaran efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KOLABORASI METODE PADA PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS DI MTS NEGERI 1 REJANG LEBONG KELAS 7A. (2023). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 90-100. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2667