Tantangan dan Strategi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Authors

  • Siti Mariah Ulfah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

tantangan, strategi ABK, pembelajaran, perguruan tinggi

Abstract

Artikel hasil penelitian ini yaitu tentang tantangan dan strategi  anak berkebutuhan khusus yaitu mahasiswa difabel dalam melaksanakan pembelajaran di perguruan tinggi. Kegiatan dilaksanakan di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Permasalahannya apa saja tantangan dan strategi yang dilakukan oleh pimpinan, mahasiswa, dan dosen dalam menghadapi tantangan dan strategi apa yang dilakukan. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif fenomenalogis. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu, reduksi, display, dan verification/kesimpulan. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif dan membercheck. Hasil dari penelitian yaitu, tantangan mahasiswa dalam pembelajaran yaitu, fasilitas infrastruktur dan aksesibilitas yang belum ramah difabel, kurikulum yang belum mengakomodir kebutuhan difabel, dosen yang belum terbiasa menggunakan bahasa isyarat, serta metode yang belum maksimal untuk difabel, kurangnya keterampilan menggunakan IT penunjang pembelajaran, keterbatasan komunikasi, mengelola waktu, belum adanya pelatihan untuk difabel, pelayanan akademik yang belum maksimal, SDM yang belum professional. Strategi yang baru dapat dilaksanakan yaitu melaksanakan pelatihan bahasa isyarat untuk dosen dan mahasiswa serta tenaga kependidikan, membentuk volunteer disabilitas di bawah Pusat studi PGAD LP2M, melaksanakan pendampingan bagi difabel oleh volunteer mahasiswa sebagai pengganti KKN, dan melaporkan hasil dampingan. Harapan ke depan perguruan tinggi dapat melaksanakan kegiatan perpustakaan corner untuk disabilitas, dan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran, akademik, dan lainnya.

References

Andayani. (2018). STUDI KEBIJAKAN KAMPUS INKLUSIF : IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD RI NO 46/2014.186–207. Welfare Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 7(2), 186–207. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/welfare.2018.072-05

Andriyan, A., Hendriani, W., & Paramita, P. P. (2023). Pendidikan Inklusi: Tantangan dan Strategi Implementasinya. Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 5(2), 94–106. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/jptp.v5i2.25076

Azzahra, S., & Dea Mustika. (2023). Proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu Di SDIP YLPI Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia Volume 2, Nomor 3, Tahun 2023, Halaman 202 – 210 Https://Jpion.Org/Index.Php/Jpi 202 Situs Web Jurnal:Https://Jpion.Org/Index.Php/Jpi, 2(3), 202–210. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v2i3.140

Bahri, A. Q. (2022). Aplikasi-aplikasi ini membantu orang tunarungu dan non tunarungu berkomunikasi lebih mudah dan nyaman. BRIlio.Net. https://www.brilio.net/gadget/9-aplikasi-untuk-para-penyandang-tunarungu-hear-me-id-resmi-rilis-220222c.html

E-ujian, T. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. E-Ujian Blog. https://e-ujian.id/pembelajaran-berdiferensiasi-dalam-kurikulum-merdeka/

Gunawan, H. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (M. Drajat (ed.); 1st ed.). Alfabeta.

Maulana Arif Muhibbin. (2021). Tantangan Dan Strategi Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi Di Indonesia: Literature Review. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 092-102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p92-102

Muhammad Yusuf. (2015). Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi: Antara Peluang Dan Tantangan. Islamika, 15(2), 163–172. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/46/42

Muzakkir, R., Andayani, & Afandi, M. (2010). Inklusi Pada Pendidikan Tinggi: Best Practices Pembelajaran Dan Pelayanan Adaptif Bagi Mahasiswa Difabel Netra. In Pusat Study Dan dan Layanan Difabel (PSLD) UIN Sunan (Vol. 1, Issue 1). PSLD UIN Suanan Sunan Kalijaga. https://iks.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/25_20200304_Best Practices Pembelajaran Difabel.pdf

Pitaloka, A. A. P., & Safira Aura Fakhiratunnisa, T. K. N. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 26–42. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Pristian Hadi Putra, Herningrum, I., & Alfian, M. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 80–95. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.55

Riennova, Holidjah, S., & Asrori, H. (2024). Strategi Navigasi Pendidikan Inklusif Untuk Meningkatkan SDM yang berkulitas dan Berdaya Saing. Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2024 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, 867.

Saparudin, D. (2013). 10 Aplikasi untuk Tunanetra Terbaik di HP Android. Carisinyal. https://carisinyal.com/aplikasi-untuk-tunanetra/

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Tantangan dan Strategi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. (2024). Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 3(2), 8-30. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jdsr/article/view/2923