Studi Naratif Dukungan Ibu terhadap Anak dengan Cerebral Palsy untuk Mencapai Prestasi Akademik di Homeschooling House of Knowledge

Authors

  • Fransisda Tiodora Ferdiansyah Mahasiswa

Keywords:

Celebral Palsy, Dukungan Ibu, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran penting ibu dalam mendukung anak dengan cerebral palsy di lingkungan homeschooling. Melalui pendekatan naratif inquiry, data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan dokumen pendukung untuk mengungkap bagaimana dukungan emosional, fisik, dan akademik ibu sangat berpengaruh pada keberhasilan anak. Meskipun ibu menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, stigma sosial, dan tekanan emosional, strategi yang mereka kembangkan berkontribusi signifikan terhadap perkembangan anak. Studi ini menyoroti peran keluarga dalam pendidikan anak dengan cerebral palsy dan memberikan wawasan untuk kebijakan pendidikan inklusif.

References

Afan Faizin. (2020). Narrative Research; a Research Design. Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(3), 142–148. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i3.1139

Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development. In The Ecology of Human Development. Harvard University Press.

Cohen, S., Underwood, L. G., & Gottlieb, B. H. (2000). Social Support Measurement and Intervention: A Guide for Health and Social Scientists. Oxford University Press.

Erikson, E. H. (1963). Childhood and Society. Norton. Gardner, H. (1983). Frames of Mind. Basic Books.

Jeynes, W. (2023). Relational Aspects of Parental Involvement to Support Educational Outcomes: Parental Communication, Expectations, and Participation for Student Success. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003128434

Purnamasari, N., Ahsaniyah, A. B., Widyastuti, W., & Trisna, K. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Kemampuan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi, 7(2), 212–219. https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v7i2.249

Puspitaningrum, D. A. (2022). Homeschooling Bagi Penyandang Cerebral Palsy. The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 2, 89–101. https://conference.uin- suka.ac.id/index.php/icodie/article/view/746

Rutledge, P. B., & Hogg, J. L. C. (2020). In"Depth Interviews. The International Encyclopedia of Media Psychology, 4, 1–7. https://doi.org/10.1002/9781119011071.iemp0019

Schleichkorn, J. (1993). Coping with Cerebral Palsy: Answer to questions parent often ask. PRO-ED.

Stanton, M. (2013). Understanding cerebral palsy”a guide for parents and professionals. Jessica Kingsley Publishers. T, A. T., Turnbull, R., & Ehmeyer, M. L. (2016). Exceptional lives. Merrill.

Vygotsky, L. (1986). Thought and Language. In Practical Pre-School. The MIT Press. https://doi.org/10.12968/prps.1998.1.12.41271

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Studi Naratif Dukungan Ibu terhadap Anak dengan Cerebral Palsy untuk Mencapai Prestasi Akademik di Homeschooling House of Knowledge. (2024). Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 3(2), 39-46. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jdsr/article/view/2847