Penggunaan Flashcard Isyarat Hijaiyah dalam Membaca Al-Quran bagi Siswa Tunarungu Jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa

Authors

  • Dewi Purwanti UIN Sulthan Maulana Hasanuddin Banten
  • Purnama Rika Perdana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Habudin Habudin UIN Sulthan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Flashcard Isyarat Hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an tingkat permulaan pada siswa tunarungu serta mengetahui kelayakan dari para ahli media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Kelas Tunarungu SKh Mathla'ul Anwar Menes, Kabupaten Pandeglang-Banten yang melibatkan 7 siswa tunarungu dan seorang guru. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikategorikan menjadi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari guru kelas dan siswa tunarungu sementara data sekunder diperoleh dari para ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi pembelajaran. Hasil penilaian kelayakan yang didapatkan dari validator ahli media memperoleh persentase 92% "Sangat Layak”, ahli materi memperoleh persentase 88% "Sangat Layak” dan ahli bahasa memperoleh persentase 96% "Sangat Layak”. Hasil uji coba kepada siswa tunarungu untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan melalui pretest dan posttest mendapatkan skor n-gain 0,79 "Tinggi” dengan persentase 79% "Efektif”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Flashcard Isyarat Hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an tingkat permulaan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa tunarungu jenjang SDLB di SKH Mathla'ul Anwar Menes, Kabupaten Pandeglang- Banten.

References

Aryanti, F. (2020). Penggunaan Media Compact Disk Interaktif Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyyah Bagi Siswa Tunarungu. Jassi Anakku, 20(1), 31–39. https://doi.org/10.17509/jassi.v20i1.29581

Dewi, R. A., Wahyuno, E., & Kustiawan, U. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Qur ' an terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Al-Qur ' an Siswa Tunarungu Nilai P r e - sentase Kategori Sangat Kurang Kurang Cukup Baik Sangat Baik. 2(November), 69–71.

Khaeroni. (2021). Metodologi penelitian & pengembangan (media madani (ed.); 1 april 20). media madani.

Muhammad Ramli. (2012). media dan teknologi pembelajaran (sahriyansah (ed.); 1 mei 2021).

IAIN Antasari Press.

Nastiti, A. (2013). Metode Shautiyyah Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Al- Qur'an Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–6.

Nuraeni, Triyanto Pristiwaluyo, B. (n.d.). Penerapan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunarungu Kelas IV Di Slbn 1 Konawe Selatan. Perdana, P. R., Meiliawati, F., & Rukmayadi, Y. (2022). Efektifitas Pelatihan Bahasa Isyarat

Dasar bagi Calon Guru Sekolah Inklusi di Wilayah Provinsi Banten. 1(1), 14–27.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) (S. Y. Suryandari (ed.)). Alfabeta.

Suharsiwi. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (oktober 20). CV Prima Print. Susanti, L. D., & Irsyadi, F. Y. Al. (2019). Game Edukasi Mari Belajar Huruf Hijaiyah Untuk

Anak Kelas 2 SDLB B Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu dan Wicara Surakarta.

http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70372

Tim PDSRW. (2022). Pedoman Membaca Mushaf Al-Qur'an Bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. http://lajnah.kemenag.go.id

Yudi Hari Rayanto, S. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2D2 : teori dan praktek (Tristan Rokhmawan (ed.); 1st ed.). Lembaga Academic dan Research institute.

Yusia Rim. (2019). Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas I Slb B Wiyata Dharma I Sleman. 2.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Research Article

How to Cite

Penggunaan Flashcard Isyarat Hijaiyah dalam Membaca Al-Quran bagi Siswa Tunarungu Jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa. (2024). Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 3(2), 47-60. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jdsr/article/view/2663