PERAN DAN KEDUDUKAN WANITA DALAM Al-QUR’AN (ANALISIS TERHADAP TAFSIR TEMATIK KEMENAG RI)

Authors

  • Andra Ovianda UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/y0ksg180

Keywords:

Peran, Kedudukan, Perempuan, Tafsir Tematik

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran dan kedudukan wanita dalam Al-Qur’an dengan objek kajian Tafsir Tematik Kemenag RI. Permasalahan tentang bagaiaman peranan wanita di dalam ruang domestik maupun di ruang publik seringkali menjadi diskusi yang menarik untuk dianalisis. Dalam Tafsir Tematik milik Kementerian Agama Republik Indonesia, terdapat bab yang yang menmbahas tentang peran-peran yang mencakup peran perempuan yang berbeda dengan tafsir-tafsir klasik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif eksploratif, dengan menganalisis pada sumber tertulis yakni peran dan kedudukan perempuan dalam tafsir kemenag RI. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, dengan menerapkan empat teknik analisis data, yaitu analisis historis, isi, reflektif, dan kritis. Hasil penelitian menemukan bahwa peran perempuan di ruang publik adalah posisi yang didapatkan oleh perempuan dalam suatu ruang lingkup yang luas seperti masyarakat sosial atau negara. Dalam Tafsir Tematik Kemenag RI, Kedudukan dan Peran Perempuan terdapat peran-peran perempuan meliputi: kepemimpinan perempuan, peran perempuan dalam bidang sosial, aurat dan busana muslimah, kesaksian perempuan. Kemudian peran perempuan di ruang domestik adalah posisi yang didapatkan oleh perempuan dalam suatu ruang lingkup yang khusus seperti rumah tangga. Peran-peran yang termasuk dalam peran perempuan di ruang domestik adalah asal-usul penciptaan laki-laki dan perempuan, peran perempuan dalam keluarga, perempuan dan hak waris serta perempuan dan kepemilikan. Selain itu, karakteristik dalam penafsiran ini cenderung dekonstruktif dengan membangun penafsiran yang memiliki keberpihakan pada perempuan dan tidak diskriminatif baik pada perempuan maupun laki-laki. Penafsiran antara Tafsir Tematik Kemenag memiliki perbedaan dengan penafsiran sebelumnya yang secara umum lebih melihat penafsiran dari perspektif perempuan.

References

Abduh, Muhammad Nur. Persaksian Perempuan Dalam Al-Qur’an. Makassar: Alauddin Press, 2012.

Abdul Syukur al-Aziz. Buku Lengkap Fiqih Wanita. Yogjakarta: PT.Diva Press, 2015.

Abdul Syukur al-Azizi. Buku Lengkap Fiqih Wanita. Yogjakarta: Noktah, 2017.

Abdul Wahid. Mencari Surga Ditelapak Kaki Ibu. Yogjakarta: Sabil, 2005.

Al-jauhari, mahmud muhammad. Membangun keluarga qur’ani. Jakarta: amzah, 2005.

Al-Qur’an, Lajnah Pentashihan Mushaf. Kedudukan dan peran perempuan. jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, 2009.

Alhalabi, Nabila, Program Studi, Hukum Keluarga, Fakultas Syariah, D A N Hukum, Universitas Islam Negri, dan Syarif Hidayatullah. ‚HAK DAN KEWAJIBAN ISTRI BAGI WANITA KARIR DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA (Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif),‛ 2015.

Ali Hasan, M. Masail Fiqhiyah Al-Haditsah pada Masalah-Masalah Kontemporer Hukum Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1998.

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2. jakarta: Gema Insani Press, 1999.

Ariesanti (2015). ‚PERAN WANITA KARIR DALAM KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DESA BONTOLEMPANGAN KECAMATAN BONTOLEMPANGAN KABUPATEN GOWA SKRIPSI,‛ no. c (2014).

Atiqah Hamid. Fiqih Wanita ( tutorial ibadah dan muamalah harian muslimah ahlul jannah ). Yogjakarta: Diva Press, 2016.

B, Halimah. perempuan dalam tafsir modern. Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Bagir al-Hasby. Fiqih Praktis. Bandung: Mizan, 1999.

Bakir, Moh. Bakir. ‚Teknik-Teknik Analisis Tafsir Dan Cara Kerjanya.‛ MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 5, no. 1 (2020): 51. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n1.51-72.

Brigette Lantaeda, Syaron, Florence Daicy J. Lengkong, dan Joorie M Ruru. ‚Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon.‛ Jurnal Administrasi Publik (JAP) 04, no. 048 (2002): 243.

Dr. Abdul qodir manshur. Buku pintar fikih wanita. Tangerang: Nusantara lestari ceria pratama, 2012.

Dr. Yusuf Qardhawi. Fatwa-Fatwa Kontemporer Jilid 1. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

———. Fatwa-fatwa kontemporer jilid 2. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Dr.Abdul qadir manshur. Buku pintar fikih wanita. Tangerang: Nusantara lestari ceria pratama, 2012.

Ermawati, Siti. ‚Konflik Peran Ganda Wanita Karir (Konflik Peran Ganda Wanita Karir Ditinjau Dalam Prespektif Sosial).‛ Jurnal Edutama 02, no. 02 (2016): 59–60.

Fuad, Asep, Dadan Rusmana, dan Yayan Rahtikawati. ‚Orientasi Penyusunan Tafsir Tematik Kementerian Agama Republik Indonesia.‛ Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama 5, no. 1 (2022): 35–46. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/hanifiya/article/view/15846.

Hilman, Nafiesa lauza mernisa. ‚Wanita Karir: Sebuah Pilihan Dilematis Antara Pekerjaan dan Keluarga (Studi Kasus Pada Wanita Karir di Yogyakarta).‛ Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun 4 (2017): 9–15.

‚HR Bukhari 1/304 Muslim 3/1459,‛ n.d. http://aifaneducationzone.blogspot.com/p/islamic-zone.html.

Hubeis, Aida Vitayala S. Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. Bogor: IPB Press, 2010.

Ibrahim, majdi sayyid. 50 nasihat rasulullah untuk kaum wanita. bandung: al- bayan, 1999.

Kamus besar bahasa indonesia (KBBI), n.d.

Khan, Wahidun. agar perempuan tetap jadi perempuan. jakarta: PT serambi ilmu semesta, 2003.

Koderi, Muhammad. Bolehlah wanita menjadi imam negara. Jakarta: Gema Insani Press, 1999.

Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI. Tafsir Ilmi. Indonesia: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, 2010.

M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 217M.

Magdalena, R. ‚Kedudukan Perempuan dalam Perjalanan Sejarah (Studi tentang Kedudukan Perempuan dalam Masyarakat Islam).‛ Harkat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak 2, no. 1 (2017): h. 22 26-27.

Malang, Tumpang Kabupaten. ‚KELUARGA SAKINAH ( Studi Kasus Desa Tumpang Kecamatan,‛ 2022.

Malik, M. ‚Relasi Sosial-Budaya dengan Penafsiran Al-Qur’an dalam Batas Aurat Perempuan: Perbandingan Tafsîr Al-Misbâh, At-Tafsîr Al-Munîr, dan Taisîr Al-Karîm Ar-Rahmân Fi Tafsir Kalam Al-Mannan.‛ Tesis, 2016, 1– 186.

Maloko, M. Thahir. Dinamika Hukum dalam Perkawinan. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Manshur, Dr.Abdul qadir. Buku pintar fikih wanita. Tangerang: Nusantara lestari ceria pratama, 2012.

Moenawar khalil. nilai wanita. solo: cv.ramadhani, 1989.

Muhammadiyah, Majelis Tarjih Pimpinan Pusat. ‚Adabul Mar’ah Fil islam,‛ 1982, 1–65.

Nahar, Hasan. ‚Mengenal Kitab Tafsir Kemenag: Sistematika dan Catatan.‛ M. Bukhari Muslim, 2020. https://tanwir.id/mengenal-kitab-tafsir-kemenag- sistematika-dan-catatan/.

Noor, Noer Huda. Wawasan Al-Qur’an tentang perempuan. Makassar: Alauddin Press, 2011.

Nur Fitri Fatimah. ‚Muslimah.or.id,‛ n.d. https://muslimah.or.id/4498- perempuan-bekerja-boleh-saja-asal.html.

Nurul Huda Maarif. ‚AL-QUR’N AL-KARIM WA TAFSIRUH (al-Qur’an dan Tafsirnya Depag RI),‛ 2006. http://nuhamaarif.blogspot.com/2006/08/al- qurn-al-karm-wa-tafsruh-al-quran_23.html.

Prof. DR.Musdah Mulia.MA. Kemuliaan Perempuan Dalam Islam. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2014.

Prof.Ismah Salman.M.Hum. Keluarga Sakinah Dalam ‘Aisyiyah: Diskursus Jender Di Organisasi Perempuan Muhammadiyah’’,. Jakarta: PSAP Muhammadiyah, 2005.

Prof, Karya, dan Nasaruddin Umar. ‚12589-34659-1-Sm,‛ n.d., 1–14.

Rahayu, Lisdy. Istri Bahagia ( Berpedoman Al-Qur’an Dan Hadits ). Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer, 2015.

RI, Departemen pendidikan agama. Al Qur’an terjemahan bahasa indonesia juz 1-30. kudus: menara kudus, 2006.

Saleh, Muhamad. ‚Penciptaan Hawa dalam Al-Qur’an (Sebuah Basis Argumen Kesetaraan Gender).‛ Tesis, 2018, 1–233.

Subhan, Zaitunah. Tafsir Kebencian, Studi Bias Gender dalam Tafsir Qur’an. Yogjakarta: Pustaka, 1999.

Sumaryono, E. Etika Profesi Hukum, Norma-Norma Bagi Penegak Hukum.

Syamsiah, Nur. Emansipasi Wanita dan Penerapan Konsep Mitra Sejajar. Makassar: Pustaka, 2004.

Tim Tashih Departemen Agama. AL QUR’AN DAN TAFSIRNYA JILID II. Semarang: Citra Effhar, 1993.

Wiyono, M. ‚Tanggung Jawab Sosial Dalam AL Qur’an; Analisis Kritis Tafsir Tematik Kemenag RI.‛ Diya al-Afkar 4, no. 2 (2016): 1–22. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/diya/article/view/1142.

Yamani, Moh. Tulus. ‚Memahami Al-Qur ’ an Dengan Metode.‛ J-Pai 1, no. 2 (2015): 283. https://media.neliti.com/media/publications/321427- memahami-al-quran-dengan-metode-tafsir-m-fcbe24b0.pdf.

Yuliana, Eva. ‚PERAN WANITA PENCARI NAFKAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi di Pasar Panjang Bandar Lampung).‛ Skripsi, 2019.

Zamroni, Amin. ‚Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak.‛ Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (2017): 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

PERAN DAN KEDUDUKAN WANITA DALAM Al-QUR’AN (ANALISIS TERHADAP TAFSIR TEMATIK KEMENAG RI). (2025). At-Tibyan, 4(2), 122-138. https://doi.org/10.30631/y0ksg180