Motivasi Literasi dalam Pembacaan Hermeneutika Paul Ricoeur terhadap Q.S. Al-'Alaq ayat 1-5
DOI:
https://doi.org/10.30631/qudwahquraniyah.v2i2.2742Keywords:
Hermeneutika Paul Ricoeur, Motivasi Literasi, Surat Al-'Alaq 1-5Abstract
Kemajuan teknologi, globalisasi, serta perubahan gaya hidup menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi literasi di Indonesia. Ketersediaan ruang baca media sosial seperti Instagram, tiktok dan youtube justru lebih banyak dimanfaatkan sebagai sarana hiburan ketimbang media baca. Pada april 2024 dalam catatan UNESCO, Indonesia menduduki peringkat kedua dari bawah dalam literasi dunia. Hal ini akan berdampak pada angka kemiskinan, ketidaksetaraan sosial, keterbatasan ekonomi serta keterbelakangan pada masyarakat Indonesia. Perlunya upaya pemanfaatan teknologi, pengembangan bahan bacaan dan peningkatan kualitas literasi individu untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan berperadaban unggul. Penelitian ini akan menarik dengan mengkaji Q.S al-‘Alaq ayat 1-5 sebagai salah satu inspirasi literasi bagi masyarakat Indonesia. Kajian ayat ini akan dianalisis secara kritis melalui lensa hermeneutika Paul Ricoeur. Data primer dalam penelitian ini bersumber pada karya-karya Paul Ricoeur dengan dibantu data sekunder berupa artikel, jurnal, skripsi, tesis, dan disertasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research. Analisis hasil penelitian ini bahwasanya Q.S al-‘Alaq ayat 1-5 memerintahkan untuk tidak hanya sebatas membaca melainkan perintah untuk belajar, memahami, mengevaluasi, menganalisa, meneliti dan mengelola iformasi, serta mengembangkan diri dalam segala aspek kehidupan serta menjadi inspirasi untuk membangun masyarakat yang lebih beradab, maju dan sejahtera.






