VALIDITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PROYEK MATERI OBSERVABEL DAN OPERATOR PADA MATA KULIAH FISIKA KUANTUM
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i3.2187Keywords:
Lembar Kerja Mahasiswa berbasis Proyek, Operator, Observabel, FisikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil validitas dan kesesuaian lembar kembar kerja mahasiswa berbasis proyek materi observabel dan operator pada mata kuliah fisika kuantum. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan four-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dessiminate (penyebaran). Penilaian kevalidan dilakukan sebanyak dua tahap oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Butir penilaian untuk validator ahli materi sebanyak 16 pertanyaan dan validator ahli media sebanyak 17 pertanyaan dengan kriteria nilai sangat baik (4), baik (3), cukup baik (2), dan tidak baik (1). Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa lembar kerja mahasiswa berbasis proyek materi observabel dan operator adalah sangat baik dengan nilai rata-rata 3,69 dan termasuk dalam kategori sangat sesuai untuk digunakan dalam perkuliahan fisika kuantum. Diharapkan dengan dibuatnya lembar kerja berbasis proyek dalam pembelajaran fisika kuantum, akan memudahkan mahasiswa memahami materi dan meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran.
References
Kade, I. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Ketrampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Corpus ID, 1427327333.
Londa, T. K., Warouw, F. F., & Nusa, J. G. N. (2020). Environmental Learning with Inquiry Method in Tondano Lake. 438(Aes 2019), 167–170.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092.
Novita, D., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Project Based Learning Untuk Pembelajaran Materi Segitiga Di Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–12.
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820.
Simamora, E. D. M., & Sianipar, L. K. (2022). Mengupayakan Minat Belajar Fisika Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Dan Riset Fisika (JPPRF), 1(1), 9–18.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, 2009. Jakarta: Bumi Aksara.
Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pengantar Ringkas. Garudhawaca.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

