ANALISIS BIBLIOMETRIK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SMP MENGGUNAKAN APLIKASI VOSVIEWER

Authors

  • Meisely Qirani Jurusan Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat
  • Risma Wati Jurusan Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat
  • Septiani Dwi Astuti Jurusan Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat
  • Syubhan Annur Jurusan Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Fuad Sya'ban Jurusan Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v3i3.2159

Keywords:

Bibliometrik, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA

Abstract

Berpikir kritis sangat penting diterapkan dalam memahami konsep-konsep abstrak ketika mempelajari IPA. Tujuan kajian bibliometrik ini adalah untuk mengidentifikasi artikel dan menjelaskan karakteristik penelitian yang berhubungan dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA, serta untuk mengetahui bagaimana program VOSviewer memvisualisasikan pemetaan jaringan antar kunci. Analisis yang digunakan adalah Analisis Bibliometrik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan artikel terbitan mengenai keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di SMP setelah tahun 2022, dan akan meningkat setiap tahunnya dari tahun 2019 hingga tahun 2021. Adapun negara penghasil dokumen terbanyak adalah Indonesia. Pensa E-Journal: Pendidikan Sains merupakan institusi atau publikasi dengan dokumen terbanyak yaitu sebanyak 5, dan Jannah sebagai penulis dengan sitasi terbanyak kedua yaitu 135 sitasi. Berikutnya diikuti oleh Wayudi dengan 109 sitasi serta Ramdani dengan 94 sitasi. "Pembelajaran IPA, mengasah keterampilan berpikir dan Implementasi model” adalah tiga topik baru yang muncul di bidang ini. Oleh karena itu, topik-topik baru tersebut dapat menjadi bahan baru untuk penelitian lebih lanjut di bidang tersebut.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Agus Triansyah, F. (2023). Fokus Penelitian Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi: Bibliometrik Analisis 2019-2023. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 130–139. https://jiped.org/index.php/JSP

Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPA di SDN Karang Tengah 11 Kota Tangerang. In SIBATIK JOURNAL | VOLUME (Vol. 1, Issue 1). https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK

Dewi, P. S., Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Prima, E. C. (2021). Web-Based Inquiry in Science Learning: Bibliometric Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 191–203. https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i2.9576

Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Fisika yang Bersifat Abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan, 02(01), 48–53.

Maslakhatunni'mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12852

Meryastiti, V., & Rasyid Ridlo, Z. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika, 1(24), 1–10. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF

Rahmadana Hidayati, A., Fadly, W., & Faradisya Ekapti, R. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Shah, S. H. H., Lei, S., Ali, M., Doronin, D., & Hussain, S. T. (2020). Prosumption: bibliometric analysis using HistCite and VOSviewer. Kybernetes, 49(3), 1020–1045. https://doi.org/10.1108/K-12-2018-0696

Sovacool, B. K., Daniels, C., & AbdulRafiu, A. (2022). Science for whom? Examining the data quality, themes, and trends in 30 years of public funding for global climate change and energy research. Energy Research and Social Science, 89. https://doi.org/10.1016/j.erss.2022.102645

Su, M., Peng, H., & Li, S. (2021). A visualized bibliometric analysis of mapping research trends of machine learning in engineering (MLE). Expert Systems with Applications, 186. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2021.115728

Wulandari, R., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer Bibliometric. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 133–140. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.120

Yuni, R., Murhayati, S., Murniati, A., Sultan, U., & Riau, S. K. (2021). Implementasi Pembelajaran Intergratif-Interkonektif Agama dan Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/13355/6488

Published

2023-12-30

How to Cite

ANALISIS BIBLIOMETRIK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SMP MENGGUNAKAN APLIKASI VOSVIEWER. (2023). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(3), 135-141. https://doi.org/10.30631/psej.v3i3.2159