ANALISIS ETNOSAINS INSTRUMEN GAMBANG PADA KESENIAN SENANDUNG JOLO DI MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i3.1820Keywords:
Etnosains, kearifan lokal, gambang, senandung jolo, bunyiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis konsep sains fisika instrumen gambang pada kesenian senandung jolo di Kabupaten Muaro Jambi. Jenis penelitian mix methode dengan pendekatan etnografi dan ekperimen. Sumber data diperoleh dari key informan yang terdiri dari satu orang maestro kesenian senandung jolo. Kemudian dianalisis menggunakan flow model analysis dengan tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Data kuantitatif dipereroleh melalui pengukuran panjang dan frekuensi bunyi yang dihasilkan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen gambang terbuat dari bahan kayu mahang. Instrumen gambang pada senandung jolo terdiri dari 5 bilah dan memiliki perbedaan frekuensi setiap bilahnya. Bilah pertama memiliki frekuensi 851 Hz, bilah kedua 645 Hz, bilah ketiga 545 Hz, bilah keempat 822 Hz dan bilah kelima 656 Hz. Sejumlah frekuensi yang tersusun dihasilkan dari gelombang bunyi. Frekuensi yang berbeda akan mengalami superposisi membentuk pola gelombang bunyi. Selain itu, sains pada gambang juga membawa energi gelombang per satuan waktu per satuan luas yang disebut intensitas bunyi.
References
Aji, S. D. (2017). Etnosains dalam Membentuk Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja Ilmiah Siswa. Jurnal Imliah, 1(1), 7–11.
Andiko, B. (2017). Frekuensi Fundamental Timbre Kompang Grup Delima Di Delik Bantan Kabupaten Bengkalis : Kajian Musik Multimedia. 4 (1), 135–136.
Asmaryetti, Zulfadanti, & Gusti, A. (2018). Perkembangan Dan Keberlanjutan Tari Nugal Bejolo Di Dusun Tanjung Kec.Kumpeh Kab. Muaro Jambi Provinsi Jambi. Laga-Laga, 4(2), 174–186.
Asra, A. dan A. U. A. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnosains Di Smp Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(1), 9–22.
Astuti, B., & Linuwih, S. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 53–59.
Bektiarso, S., Mahardika, I. ketut, Fikri, M., Izzha, M., Putri, A., Fatimah, U., & Najah, S. (2023). Analisis Konsep Fisika Pada Alat Musik Rebana. 9(2), 569–574.
https://doi.org/10.5281/zenodo.7584364
Benny, R. D. (2013). Pengertian dan Prinsip-prinsip Pengembangan Bahan Ajar. 6(13), 1–45.
Budiarso, Z. (2015). Implementasi Sensor Ultrasonik Untuk Mengukur Panjang Gelombang Suara Berbasis Mikrokontroler Sensor. 20(2), 171–177.
Pertiwi, U. D., & Rusyda Firdausi, U. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 120–124.
https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476
Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(10), 1311–1336.
https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6
Purnomo, D. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sebagai Sarana pengembangan Kreativitas Berpikir. 1–8.
Rahayu, W. E., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2).
https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
Basuki, F. R., Jufrida, & Suryanti, K. (2019). Identification of potential local wisdom of senamat ulu village (electrical independent village) as a source of science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1).
https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012102
Ilhami, A., Diniya, D., Susilawati, S., Sugianto, R., & Ramadhan, C. F. (2021). Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Etnosains. Sosial Budaya, 18(1), 20.
https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.12723
Iswanto, A. H., Kehutanan, D., Pertanian, F., & Utara, U. S. (2008). Sifat Panas , Akustik Dan Elektrik Pada Kayu. 6–8.
Izzati, M., Mardhiansyah, M., & Sribudiani, E. (2022). Persepsi Para Pihak Terhadap Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Melestarikan Hutan Di Kenegerian Rokan Kecamatan Rokan Iv Koto Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmu-Ilmu Kehutanan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31258/jiik.6.1.1-15
Jufrida, J., Basuki, F. R., Oksaputra, M. F., & Fitaloka, O. (2021). Ethnoscience analysis of "lemang bamboo” Sumatera traditional food. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1).
https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012085
Nurcahyani, D. W. I., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negri, U. I., & Lampung, R. I. (2022). Etnosains Terhadap Literasi Sains Pada Materi Ipa-Fisika Etnosains Terhadap Literasi.
Nurcahyani, D., Yuberti, Irwandani, Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., & Rahman, M. M. (2021). Ethnoscience learning on science literacy of physics material to support environment: A meta-analysis research. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012094
Rahayu, W. E., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
Suyitno, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–13.
https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307
Syarifudin, S. (2017). Etnoscience Dan Etnotechnologi Preaching Di Moluccas. UMRAN - International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 4(1–1), 27–33. https://doi.org/10.11113/umran2017.4n1-1.200
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

