PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA

Authors

  • Ismalia Ismalia UIN STS JAMBI
  • Sukarno Sukarno Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Jerfi Jerfi Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1696

Keywords:

Think Pair Share Learning Model, Learning Outcomes, Science

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs Nurul Khairiyah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain pre-post control group design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII A dan VII B. Uji instrumen dilakukan di sekolah yang sama yaitu di kelas VIII A sebanyak 31 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa 30 soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t independen). Hasil perhitungan uji-t dengan hasil penelitian dan taraf signifikansi 5% diperoleh T- tabel sebesar 2,021 dan Thitung sebesar 3,688. Berdasarkan kriteria/syarat pengujian hipotesis, diperoleh Thitung > Ttabel 3,688 > 2,021. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif pembahasan kalor dan perpindahan pada siswa MTs Nurul Khairiyah.

References

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center.

Pangkat, N. (2021). Hasil Assesmen Nasional 2021. https://naikpangkat.com/mengejutkan-ini-hasil-asesmen-nasional-yang-diungkap-nadiem-makarim/amp/

Pasaribu, R. Y., Daruwati, I., & Febriani, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA N 1 Tambusai Pada Pokok Bahasan Usaha dan energi. 2–5.

Sari, N. H., Sesunan, F., & Putu, I. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.123

Sembiring, Y. A., & Zagoto, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terintegrasi Praktikum Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 177–190. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11295

Simamora, P., & Dalimunthe, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Inpafi, 2(2), 144–152.

Sri Yulastri, R., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Dpib Smk Dhuafa Padang. Cived, 6(3). https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106229

Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Ananda, Ed.). Cipta Pustaka Media.

Published

2022-12-30

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA. (2022). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(3), 163-168. https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1696