PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1696Keywords:
Think Pair Share Learning Model, Learning Outcomes, ScienceAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs Nurul Khairiyah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain pre-post control group design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII A dan VII B. Uji instrumen dilakukan di sekolah yang sama yaitu di kelas VIII A sebanyak 31 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa 30 soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t independen). Hasil perhitungan uji-t dengan hasil penelitian dan taraf signifikansi 5% diperoleh T- tabel sebesar 2,021 dan Thitung sebesar 3,688. Berdasarkan kriteria/syarat pengujian hipotesis, diperoleh Thitung > Ttabel 3,688 > 2,021. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif pembahasan kalor dan perpindahan pada siswa MTs Nurul Khairiyah.
References
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center.
Pangkat, N. (2021). Hasil Assesmen Nasional 2021. https://naikpangkat.com/mengejutkan-ini-hasil-asesmen-nasional-yang-diungkap-nadiem-makarim/amp/
Pasaribu, R. Y., Daruwati, I., & Febriani, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA N 1 Tambusai Pada Pokok Bahasan Usaha dan energi. 2–5.
Sari, N. H., Sesunan, F., & Putu, I. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.123
Sembiring, Y. A., & Zagoto, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terintegrasi Praktikum Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 177–190. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11295
Simamora, P., & Dalimunthe, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Inpafi, 2(2), 144–152.
Sri Yulastri, R., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Dpib Smk Dhuafa Padang. Cived, 6(3). https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106229
Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Ananda, Ed.). Cipta Pustaka Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

