PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1685Keywords:
Contextual teaching learning (CTL), berpikir kritis, penguasaan konsep.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Laboratorium Kota Jambi tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 120 siswa terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster rundom sampling dan terpilih kelas VIIA dengan jumlah siswa 29. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t berpasangan. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postest kemampuan berpikir kritis sebesar 81,03 dan penguasaan konsep 79,83. Hasil perhitungan N-Gain diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 0,64 sedangkan nilai penguasaaan konsep sebesar 0,50. Hasil uji-t diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa kelas VII MTs Laboratium Kota Jambi.
References
Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324
Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020
Amyana, I. B. P. (2011). Pengembangan Peta Pikiran untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Undiksha, 3, 670–683.
Ariany, Y., Ardi, A., & Rahmi, Y. L. (2018). Analisis Pemahaman Guru IPA se-Kecamatan Lima Kaum terhadap Pelaksanaan Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 56. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/134
Astuti, L. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) menggunakan media ceramah. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.19459
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Farmasi, A., Farma, D. W. I., Fadjria, N., Si, S., & Si, M. (2017). Standar penilaian pembelajaran. 1–11.
Hasnawati, -. (2012). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635
Ii, B. A. B., Kontekstual, P., & Inkuiri, K. (2002). The Washington State Consortium for Contextual Teaching and Learning. 8–35.
Ii, B. A. B., & Teori, A. D. (n.d.). Faktor-Faktor Psikologis Dan Fisiologis Sedangkan Faktor Yang Berasal Dari Berasal Dari Luar Diri Si Pelajar. 9–31.
Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 70–75. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p306
KNBS. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Program Matlab Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Kelas VIII SMPN 3 NARMADA 2020/2021 Diajukan. 6.
Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 134– 154. https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%25p
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691
Lovisia, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (Stad) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Lubuklinggau. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i1.295
Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552
Maghfiroh, L., & Julianto. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 2(2), 1–11.
Musdar, M. (2018). Pemetaan konsep fisika siswa kelas XI pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 36. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i1.1909
Nurhidayati, E. (2016). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X di SMA Negeri 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Prasetyowati, R. (2014). Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan, 1–8.
Purwanti Widhy H, M. P. (2014). Keintegrasian Materi IPA Dalam Kurikulum 2013. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3321
Rachman, Khosida Afkarina, Sri Handono Budi Prastowo, and Albertus Djoko Lesmono. "Analisis penguasaan konsep teori kinetik gas menggunakan taksonomi solo pada siswa SMAN 1 Jember." FKIP e-PROCEEDING 3.1 (2018): 140-143.
Rahmawati, K. D. (2017). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sd Muhammadiyah 4 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang, 8–23.
Rahmawati, T. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Robih, M. O. H. W., Kritis, B., Hasil, T., Siswa, B., Smk, D. I., & Lamongan, N. (2015). Pengaruh Peneapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Jurnal Oleh Universitas Negeri Surabaya Moh . Wildan Robih dan Prof . Dr . Bambang Suratman , M . Pd . Program Pendidikan Administrasi.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Volume I | Nomor 1 | Maret, 1(1), 189–212.
Sari, M. (2020). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP Negeri 1 Jaya.
Sepriady, J. (2018). Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1603
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.1054
Soefianti, E. F., Teaching, M. C., & Belakang, L. (2019). Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya pemahaman matematis murid dalam pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk. 02(04), 186–190.
Suhardin, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning Dan Integreted Instructional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tentang Zakat. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 124–137. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.463
Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Utami, A. C., Mulyanto, B. A., & Yanti, F. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajarancontextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.792
Wardhani, D. F., & Putra, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Standar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas 7 SMP Di Kabupaten Banjar The Development of Standardized Test Instrument Natural Science Subjects Seventh Grade Junior High School in Kabupaten Banjar. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 75–82.
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561
Zein, M. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Perkembangan Surabaya, 2(12), 1–12. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.164
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

