PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Authors

  • Nurnadia Nurnadia Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Sukarno Sukarno Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Boby Syefrinando Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1685

Keywords:

Contextual teaching learning (CTL), berpikir kritis, penguasaan konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Laboratorium Kota Jambi tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 120 siswa terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster rundom sampling dan terpilih kelas VIIA dengan jumlah siswa 29. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t berpasangan. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postest kemampuan berpikir kritis sebesar 81,03 dan penguasaan konsep  79,83. Hasil perhitungan N-Gain diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 0,64 sedangkan nilai penguasaaan konsep sebesar 0,50. Hasil uji-t diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa kelas VII MTs Laboratium  Kota Jambi.

References

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020

Amyana, I. B. P. (2011). Pengembangan Peta Pikiran untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Undiksha, 3, 670–683.

Ariany, Y., Ardi, A., & Rahmi, Y. L. (2018). Analisis Pemahaman Guru IPA se-Kecamatan Lima Kaum terhadap Pelaksanaan Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 56. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/134

Astuti, L. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) menggunakan media ceramah. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.19459

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Farmasi, A., Farma, D. W. I., Fadjria, N., Si, S., & Si, M. (2017). Standar penilaian pembelajaran. 1–11.

Hasnawati, -. (2012). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635

Ii, B. A. B., Kontekstual, P., & Inkuiri, K. (2002). The Washington State Consortium for Contextual Teaching and Learning. 8–35.

Ii, B. A. B., & Teori, A. D. (n.d.). Faktor-Faktor Psikologis Dan Fisiologis Sedangkan Faktor Yang Berasal Dari Berasal Dari Luar Diri Si Pelajar. 9–31.

Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 70–75. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p306

KNBS. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Program Matlab Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Kelas VIII SMPN 3 NARMADA 2020/2021 Diajukan. 6.

Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 134– 154. https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%25p

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691

Lovisia, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (Stad) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Lubuklinggau. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i1.295

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552

Maghfiroh, L., & Julianto. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 2(2), 1–11.

Musdar, M. (2018). Pemetaan konsep fisika siswa kelas XI pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 36. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i1.1909

Nurhidayati, E. (2016). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X di SMA Negeri 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Prasetyowati, R. (2014). Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan, 1–8.

Purwanti Widhy H, M. P. (2014). Keintegrasian Materi IPA Dalam Kurikulum 2013. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3321

Rachman, Khosida Afkarina, Sri Handono Budi Prastowo, and Albertus Djoko Lesmono. "Analisis penguasaan konsep teori kinetik gas menggunakan taksonomi solo pada siswa SMAN 1 Jember." FKIP e-PROCEEDING 3.1 (2018): 140-143.

Rahmawati, K. D. (2017). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sd Muhammadiyah 4 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang, 8–23.

Rahmawati, T. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765

Robih, M. O. H. W., Kritis, B., Hasil, T., Siswa, B., Smk, D. I., & Lamongan, N. (2015). Pengaruh Peneapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Jurnal Oleh Universitas Negeri Surabaya Moh . Wildan Robih dan Prof . Dr . Bambang Suratman , M . Pd . Program Pendidikan Administrasi.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Volume I | Nomor 1 | Maret, 1(1), 189–212.

Sari, M. (2020). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi di SMP Negeri 1 Jaya.

Sepriady, J. (2018). Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1603

Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.1054

Soefianti, E. F., Teaching, M. C., & Belakang, L. (2019). Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya pemahaman matematis murid dalam pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk. 02(04), 186–190.

Suhardin, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning Dan Integreted Instructional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tentang Zakat. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 124–137. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.463

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Utami, A. C., Mulyanto, B. A., & Yanti, F. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajarancontextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.792

Wardhani, D. F., & Putra, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Standar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas 7 SMP Di Kabupaten Banjar The Development of Standardized Test Instrument Natural Science Subjects Seventh Grade Junior High School in Kabupaten Banjar. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 75–82.

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561

Zein, M. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Perkembangan Surabaya, 2(12), 1–12. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.164

Published

2022-12-30

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. (2022). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(3), 169-175. https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1685