ANALISIS PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS DAN SOLUSINYA DI SMA NEGERI 4 BATANGHARI
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1663Keywords:
Pembelajaran Fisika, Problematika Listrik DinamisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam proses pembelajaran listrik dinamis dan solusinya. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 4 Batanghari. Data proses pelaksanaan pembelajaran listrik dinamis diperoleh melalui lembar observasi guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Problematika proses pembelajaran listrik dinamis di SMAN 4 Batanghari terdapat beberapa aspek yang dilihat, diantaranya problematika dari peserta didik, problematika proses pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, problematika sarana dan prasasara. Untuk problematika proses pelaksanaan pembelajaran didalam kelas terdapat faktor yang mempengaruhinya, yaitu ketidakaktifan peserta didik, kurangnya waktu pada saat jam pelajaran. Untuk problematika sarana dan prasarana ditinjau dari tidak adanya alat-alat praktikum di dalam laboratorium fisika, terkhusus alat untuk materi listrik dinamis, sehingga peserta didik tidak bisa melakukan praktikum. (2) Solusi problematika proses pembelajaran listrik dinamis yaitu menggunakan Media pembelajaran bebasis digital dengan menggunakan aplikasi phET. Dengan penggunakan media tersebut proses pembelajaran akan berjalan dengan baik, hal itu akan lebih mudah memahami materi dan konsep serta bisa melakukan simulasi praktikum, penggunaan media tersebut juga minim resiko apabila melakukan praktikum secara virtual.
References
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa Sma. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44.
Busyairi, A., & Sinaga, P. (2015). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Secara Kreatif Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 23–28.
Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Pendidikan Fisika, 3, 74–82.
Emmy Natsir, & Jamila. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. L Ma' Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110.
Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Qathruní¢, 7(1), 61.
Flood, J. H. and I. (2012). Tujuan Pembelajaran 1996, 49–56.
Hamid Ahmad Abu. (2005). Pendidikan Sebagai salah satu Bidang Ilmu Oleh: Ahmad Abu Hamid. Jurnal Pendidikan Fisika, 179–202.
Hanik, A. N. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kako-kako, D. (2019). Membangun Karakter Anak Dengan Mensinergikan Pendidikan Informal Dengan Pendidikan Formal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–13.
Kurniawan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Cmaptools Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Mempertahankan Retensi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1).
Meiseti Awan, Hartono, S. E. N. (2014). Keterlaksanaan Penilaian Autentik dilihat dari Pengalaman Mengajar dan Kualifikasi Pendidik. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 77–83.
Nana, N. (2020). Penerapan Eksperimen Virtual Phet Terhadap Model Pembelajaran Poe2We Pada Tumbukan Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 17–27. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10912
Nanang Martono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder.
Nana Syaodih. (2010). Tujuan Belajar. 19–58.
Niranjan Banik, Adam Koesoemadinata, Charles Wagner, Charles Inyang, H. B. (2013a). Pengaruh Strategi Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Negeri 1 Sei Bingai T.P 2012/2013.
Niranjan Banik, Adam Koesoemadinata, Charles Wagner, Charles Inyang, H. B. (2013b). Standar isi.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8.
Nurhayati, N., Fadilah, S., & Mutmainah, M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1.
Oemer hamalik. (2007). Tim Reality, Kamus Terbaru Bahasa Indonesia , (Surabaya: Reality Publisher, 2008), 600. 8–38.
Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679.
Rahma, A. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy, 8(2), 47–51.
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32.
Sebastien Caron. (2006). Penetapan Standar Proses. 1–8.
Sitompul, R. M., Batoebara, M. U., Pulungan, M. A., & Suryani, E. (2020). Pelatihan Advokasi Dan Teknik Wawancara Pada Pengurus Lembaga Bantuan Hukum Sebagai Pengabdi Masyarakat. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 96–102.
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian pendidikan Deskriptif oleh Tjutju Soendari. Metode Penelitian Deskriptif, 2(2), 15–23.
Suyatmini, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Menyusun RPP Dan Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Observasi Kelas Bagi Guru SD Negeri I Baturetno. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 86–96.
Syukriani, A. (2016). Kompetensi Strategis Siswa Sma Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional: STKIP: Pembangunan Indonesia Makassar, Vol. 2(No. 1), h. 86-87.
Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39.
Wiggins, G. (1990). Recommended Citation Recommended Citation Wiggins. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 2(2), 1990–1991.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

