ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN TES FISIKA KELAS X MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1660Keywords:
kualitas instrumen tes, tes fisika, software anatesAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas instrumen tes fisika kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Batanghari menggunakan Software Anates. Analisis difokuskan pada validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, ketersebaran sub pokok bahasan dan tingkat ketersebaran pada lefel kognitif soal tes fisika. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen tes atau soal yang digunakan memiliki nilai reliabilitas tinggi yaitu 0,79. Dari 25 soal memiliki validitas soal tergolong pada kategori rendah yaitu soal terdapat 16 butir soal (64%) tergolong pada validitas sangat rendah, daya pembeda menunjukkan 18 butir soal (72%) tergolong pada kategori jelek, tingkat kesukaran menunjukkan 17 butir soal (68%) tergolong pada kategori terlalu mudah, efektivitas pengecoh menunjukkan 15 butir soal (60%) tergolong tidak baik. Selain itu, ketersebaran sub pokok bahasan terdapat 7 butir soal (28%) yang termasuk sub pokok bahasan pengukuran. Sedangkan berdasarkan ketersebaran pada level kognitif terdapat 14 butir soal (56%) yang tergolong pada kategori taksonomi bloom level C2 understanding (memahami). Untuk itu sebaiknya guru melakukan analisa kualitas instrumen penilaian yang digunakan. Dan untuk mempermudah guru melakukan analisa instrumen penilaian berupa tes maka sebaiknya menggunakan software anates sehingga mempermudah guru serta hasil analisanya akurat.
References
Al-Qur'an Robbani Terjemah Oleh Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quran Departemen Agama Republik Indonesia:2009.
Akhmadi, Mochammad Noor. 2021. Menggunakan Program Anates. : 799–806.
Alfiani, Alfiani. 2015. Pengaruh Penerapan Cmaptools Pada Model Pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (Ecirr) Terhadap Konsistensi Konsepsi Siswa Sma Dan Penurunan Kuantitas Siswa Miskonsepsi Pada Materi Suhu Dan Kalor.1-8.
Alpusari, Mahmud. 2014.Analisis Butir Soal, Program Komputer Anates Versi 4.0 For Windows. 3: 106–15.
Mahmud. 2014. Analisis Butir Soal Konsep Dasar Ipa 1 Melalui Penggunaan Program Komputer Anates Versi 4.0 For Windows.3: 106–15.
Arif, Muchamad, dan Wibisono. 2014.Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. 1(1): 1–9.
Asrul, Ananda dan Rosinta. 2014. E-Book Evaluasi Pembajalaran. Bandung: Ciptapustaka Media.
Dachliyani, Liya. Instrumen Yang Sahih Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat ( Evaluasi Pembelajaran ): 57–65.
Darmawan, Caesar Angga. 2016. Analisis Kualitas Soal Try Out Ujian Nasional.” 2(1): 20–34.
Elviana. 2020. Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates.Jurnal Mudarrisuna 10(2): 58–74.
Fachri, Moh. 2018.Urgensi Evaluasi Pembelajaran Dalam Pendidikan 1.Jurnal Pendidikan Agama Islam vol 2(1).
Fatmawati, Sri. 2020. Perumusan Tujuan Pembelajaran Dan Soal Kognitif Berorientasi Pada Revisi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Fisika. Edu Sains vol 1.
Fietri, Ayu. 2021. Analisis Butir Soal Biologi Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kerinci. Jurnal pendidikan biologi undiksha XX(X).
Wulan, Adean dan Aristia. 2020. Jenis - Jenis Instrumen Dalam Evaluasi Pembelajaran.Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran: 1–13.
Hakim, Luqman. 2017.Pemberian Pelatihan Analisis Butir Soal Bagi Guru Di Kabupaten Jombang Efektif. jurnal pemberdayaan masyarakat madani (JPMM) 1(2): 179–93.
Han, Eunice, goleman, daniel, boyatzis, Richard, Mckee. 2019.Instrumen Penilaian Tes. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Harianto, Totok. 2014. Analisis Hasil Evaluasi Pembelajaran Meliputi Daya Beda, Tingkat Kesulitan, Reliabilitas, Dan Keberfungsian Distraktor Dengan Software Anates. 1-25.
Inggriyani, Feby, Hamdani, dan Dahlan. 2019.Minat Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Blended Learning Melalui Google Classroom Pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD.Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 3(1): 28.
Interdiana, Ani,Sari, dan Herawati. 2014. Menganalisis Butir Soal.I(2): 203–14.
Kadir, Abdul. 2015. Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta'dib 8(2): 70–81.
Khadijah, Siti . 2013. Studi Tentang Urgensi Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar.” Jurnal pendidikan.
Miranda, Mira. 2019. Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Fisika Kelas x Tahun Ajaran 2018/2019 Di Sma Unggul Harapan Persada.
Mu'arifah, Isnani. 2017. Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Biologi Kelas X Dan XI Pada Ulangan Akhir Semester Tahun Ajaran 2016/2017 Di Man Kota Palangka Raya.”
Nafiati, Dewi Amaliah. 2021. Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Humanika 21(2): 151–72.
Naisah,Laelatun. 2021. An Analysis Of Reading Comprehension Questions In Final Examination By Using Anates Program On Eleventh Grade Of Sma Ma'arif Nu 1 Sokaraja Thesis.
Nazliati. 2019.Penggunaan Software Anates Dalam Pembelajaran Evaluasi Pendidikan Pada Mahasiswa Non Matematika Ftik Iain Langsa. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 2(2): 139.
Nurhayati, Erlis. 2013. "Fisika.” Jurnal pendidikan 2(3):34.
Nursalam dan Fallis. 2013. Total Quality Management Direktorat.Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Prastika, Yuniaria Dwi. 2021. Pengaruh Validitas, Reliabilitas Dan Tingkat Kesukaran Terhadap Kualitas Butir Soal Ekonomi Menggunakan Software Anates Di Smkn 3 Bangkalan. Jurnal Pendidikan: 1–11.
Pujianto, Pujianto, and Dkk. 2013. Buku Fisika.
Ratnasari, Yuni. 2011.Penerapan Strategi SQ3R Dan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa.Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 1: 126.
Ratnawulan,.Elis dan Rusdiana. 2014. Buku Evaluasi Pembelajaran.1-125.
Rosyidah,Kusairi dan Hastuti. 2017. Development of Assessment Instrument of Critical Thinking in Physics at Senior High School Development of Assessment Instrument of Critical Thinking in Physics at Senior High School.”
Sari, Indah, dan Yudha. 2020. Pemanfaatan Penerapan Media Berbasis Software Anates Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Di Universitas Batanghari Jambi.20(1): 81–85.
Sumarsono, Joko. 2008. Fisika Kelas x Kurikulum 2013.
Utami, Yuni dan Nurgiyantoro. 2016. The Quality Of Test Questions And Students ' Knowledge Absorptive Capacity Of Material Intensification Tests For Bahasa Indonesia National Exams In Junior High Schools. Universitas Negeri Yogyakarta: 52–62.
Utari, Retno. 2021. Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan.1-3.
Widyastono, Herry. 2012. Minat Terhadap Profesi Guru, Pengetahuan Tentang Penilaian Hasil Belajar, Dan Kualitas Kurikulum Buatan Guru.32-41.
Yabu. 2018. Pentingnya Instrumen Penilaian Untuk Karya Seni Rupa. : 117–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

