PENGARUH MODEL PEMBELAJRAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X DI SMA NEGERI 36 MUSI BANYUASIN
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1656Keywords:
Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan siswa kelas X di SMA Negeri 36 Musi Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket dan tes. Dalam penelitian ini terdapat sampel sebanyak 27 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Berdasarkan data dan pembahasan ditemukan bahwa penggunaan model pembelajaran hasil analisis uji "t” diketahui nilai signifikasi model pembelajaran PBL adalah 0,81 > 0,05, berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis. Sedangakan, pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap keterampilan berpikir kritis nilai signifikansi adalah 0,22 > 0,05. Artinya terdapat pengaruh saat sebelum diberikan model pembelajaran dengan sesudah diberi model pembelajaran.
References
Aeni, N. N., Sujana, A., & Sunaengsih, C. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 471–480.
Astika, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 BULUKUMBA. Engineering, Construction and Architectural Management, 25(1), 1–9.
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927.
Cahyono, B. (2016). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 15–24.
Darniati. (2017). penerapan model pembelajaran problembased learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 9 Makasar. 1–14.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287.
Fauzia, H. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72.
Fikriyah, M., Indrawati, & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sman 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 181–186. Retrieved from
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 597–602.
Ghozali, I. (2011). Penerapan analisis multivariat dengan program SPSS (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harie, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Biologi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 257–267.
Hartini, H., & Patang, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 8(2), 249.
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning ( PBL ) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. 42–46.
Hidayat, A., Rahayu, S., & Rahmawati, I. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, Vol. 1, p. hal.13.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5.
Hudha, M. N., Aji, S. D., & Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51.
Insani, N. F., & Sunarti, T. (2018). Keterlaksanaan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 149–153.
Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 21, 232–236.
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097–2107.
Juniarti, E. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Fluida Di Kelas XI IPA2 SMA Negeri 5 Kota BENGKULU. Universitas Bengkulu Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Pendidikan Fisika.
Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang.(TESIS). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM, (January 2013), 33–47.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan. 924–932.
Mawaddah, F. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ipa di madrasah tsanawiyah negeri 5 kota jambi.
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48.
Mustofa, Z., Susilo, H., Heni, M., Al, I., Biologi, P., & Malang, P. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk Siswa SMA. 000, 885–889.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan The Application Of The Problem-Based Learning Model To Improve The Students Critical Thinking. (c), 125–143.
Paradina, D., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. 2(3), 169–176.
Parawansyah, S. P. (2020). pengaruh problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 2 GOWA. Molecules, 2(1), 1–12.
Patmawati, H. (2011). Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dengan Metode Praktikum. In Skripsi dipublikasikan. FKIP Universitas Islam Negeri ....
Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). The Study on the Implementation of Higher Order Thinking (Hots)-Based Physics Learning in Class X at Yogyakarta City Public High School. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(2), 104–112.
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259.
Rachmedita, V., M.Sinaga, R., & Pujiati. (2015). 2 3 , 4. (1).
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. 2(1), 114–121.
Rosy, B. (2015). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. 160–175.
Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37–47.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(April), 1–7.
Selviyana. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Dikelas XI SMAN 1 SAWANG. 3, 1–9.
Sofiah, R., Suhartono, & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611
Sugiarti, T. (n.d.). Proses Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 10 Jember. 3, 1205–1206.
sugihartono. (2013). et al (2013).
Sukmawati, A. (2020). Meta Analisis Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. 3(2), 63–68.
Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Logika, XVI(1), 1–11.
Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55.
Umuroh, K., & Agoestanto, A. (2016). Implementation of the PBL learning model on students' critical thinking skills and discipline. National Seminar on Mathematics X Semarang State University, 532–538.
Wicaksana, H., Mardiyana, & Usodo, B. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(3), 258–269.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

