PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERKONTEKS ETHNOPHYSICS PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i3.1567Keywords:
E-Modul, Ethnophysics, Gerak MelingkarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada pokok bahasan gerak melingkar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Kota Jambi dan SMAN 9 Kota Jambi dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan media, serta angket persepsi siswa. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan dan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada pokok bahasan gerak melingkar. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 95,93% dengan kategori sangat baik, ahli media sebesar 98,33% dengan kategori sangat baik, dan hasil persepsi siswa sebesar 88,9% dengan kategori sangat baik.
References
Albab, N M. (2014). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Hukum Newton Untuk Siswa SMAN 1 Sentolo Kelas X Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Azizahwati, Maaruf, Z., Yassin, R. M., & Yuliani, E. (2015). Pengembangan modul pembelajaran fisika SMA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. In Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng (pp. 70–73).
Erniyanti, Junus, M., & Syam, M. (2020). Analisis Ranah Kognitif Soal Latihan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Fisika Kelas X (Studi Pada Buku Karya Ni Ketut Lasmi). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 115–123. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.337
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). Efektivitas Modul Ipa Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76
Jufrida, J., Basuki, F. R., & Rahma, S. (2018). Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains Di SMP. EduFisika, 3(01), 1–16. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.5773
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, 81–88.
Subali, B., Sopyan, A., & Ellianawati. (2015). Developing Local Wisdom Based Science Learning Design To Establish Positive Character in Elementary School. Indonesian Journal of Physics Education, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.3998
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual : Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Journal Invotec, IX(2), 101–116.
Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Bloomington, Indiana. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Widoyoko, E.P.S. (2015). Teknis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

