PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK BSI MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA MAHASISWA FEBI UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI ANGKATAN 2020

Penulis

  • Royan Brata Kusuma UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Bambang Kurniawan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Eri Nofriza UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v5i1.2764

Kata Kunci:

Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah, Mobile Banking, BSI Mobile

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk BSI Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah, khususnya pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi angkatan 2020 yang telah menggunakan BSI Mobile Banking. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 83 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh variabel bebas (kualitas layanan dan kualitas produk) terhadap variabel terikat (kepuasan nasabah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk BSI Mobile Banking secara signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah. Kualitas layanan yang baik, ditandai dengan responsifitas dan keandalan, serta kualitas produk yang sesuai dengan harapan pengguna, mampu meningkatkan kepuasan nasabah. Namun, beberapa masalah terkait fitur yang terbatas dan gangguan teknis masih mempengaruhi tingkat kepuasan sebagian pengguna

Referensi

Almasdi, Syahza. 2021. Metodologi Penelitian: Metodologi Penelitian Skripsi. Rake Sarasin. Vol. 2.

Angelia, Diva. 2022. "Aplikasi Mobile Banking Paling Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia 2022.” 10/7/2022. https://goodstats.id/article/aplikasi-mobile-banking-paling-banyak-digunakan-masyarakat-indonesia-2022-Vb18i.

Arif, M. Nur Rianto Al. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: ANDI OFFSET.

Aritonang, Rosalin Yunita, Isnadul Noer Afifah, and Nurlinda. 2021. "Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan M-Banking Pada Pt Bank Sumut Kc Kisaran.” Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP) 2, no. 1: 450–58.

Arman Syah, S.T., M.M. 2021. Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Edited by M.M Agung Tri Putranto. S.T. widina.

Freddy Rangkuti. 2013. "Customer Service Statification & Call Canter Berdasarkan Iso 9001.” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Indrasari, Dr. Meithiana. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Komarudin, Parman, and Muhammad Syarif Hidayatullah. 2021. "Alur Legislasi Dan Transformasi Hukum Perbankan Syariah Di Indonesia.” Mizan: Journal of Islamic Law 5, no. 1: 133.

Philip Kotler dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Rafin Dwi Purnomo, Taat Kuspriyono. 2024. "Pengaruh Kualitas Layanan Dan Produk Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada BRI Syariah KCP Ponorogo.” Jurnal Nuansa 2.

RI, Kementrian Agama. 2019. Al-Qur'an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019 Juz 11 s/d 20. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an.

Sanurdi. 2021. Kualitas Pelayanan Islami Dan Kepuasan Konsumen Teori Dan Praktik. Mataram: Sanabil.

Siregar, Mulya. 2009. "Agenda Pengembangan Perbankan Syariah Untuk Mendukung Sistem Ekonomi Yang Sehat Di Indonesia: Evaluasi, Prospek Dan Arah Kebijakan.” Iqtisad 3, no. 1: 46–66.

Wardhana, Aditya. 2015. "PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING (M-BANKING) TERHADAP KEPUASAN NASBAH DI INDONESIA.” DeRaMa Jurnal Manajemen 10.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Terbitan

Bagian

Articles

##category.category##