FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH MANDIRI

Authors

  • Rudi Hartono UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fathuddin Abdi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhamad Subhan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v2i2.1388

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Islam Negri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk menggunakan Layanan Mobile banking Bank Syariah Mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Pengumpulan data berupa Observasi,wawancara dan dokumentasi. Dari hasil Penelitian ini dapat disimpulkan: Penggunaan Mobile Banking mempermudah Mahasiswa Perbankan Syariah dalam bertransaksi, Mobile Banking membuat lebih aman dalam bertransaksi, Mobile Banking membuat mahasiswa memegang kendali dalam melakukan transaksi melalui telephone selulernya, Mobile banking dapat menghemat waktu, Mobile banking sesuai dengan kebutuhan Mahasiswa yang akan layanan yang cepat. Serta meskipun dibalik kemudahan dan manfaat yang diberikan pada Layanan Mobile banking ini masih terdapat juga Mahasiswa Perbankan Syariah yang belum minat menggunakan layanan Mobile banking di karenakan: belum memahami/tidak mengerti cara mengoperasikan Mobile banking, didaerahnya tidak terdapat Bank Syariah Mandiri sehingga mereka menggunakan Produk teknologi digital yang disediakan Bank konvensional lainya, belum memiliki rekening, tidak suka bertranskasi digital suka yang manual saja, merasa tidak membutuhkan mobile banking.

References

Aditya wardhana, pengaruh kualitas pelayanan Mobile banking terhadap kepuasan nasabah di Indonesia. (Jurnal Manajemen,Vol 10 N0 2 th 2015).

"Ali muhayatsyah, keputusan mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi jurusan baru.e jurnal.

Dr.H.Muammar Arafat Yusmad, S.H.,M.H, 2018. Aspek Hukum Perbankan Syariah dari Teori ke Praktik.

Fakhrurozi, faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan Mobile banking pada mahasiswa muhamadiyah Surakarta

Gelar Luhur Perdana Putra, Faktor Internal dan Eksternal terhadap Minat Pemuda Untuk berwirausaha di desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

Hwndra fure, Lokasi keberagaman produk, harga dan kualitas Pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional bersehaticalaca. Jurnal E MBA,Vol.1,No.3 2013

Ikatan Bankir Indonesia. Mengenal operasional Perbankan 1, 2014. "Kamus Umum Bahasa Indoneisa.

Khotibul Umam, perbankan syariah dasar-dasar dan dinamika perkembanganya di Indonesia,(Jakarta, PT Raja Grapindo), 2016.

Nengsih, T. A., Bertrand, F., Maumy-Bertrand, M., & Meyer, N. (2019). Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set. Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, November.

Prof. Dr. Sugiyono., 2018, Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D, Bandung

Qodriyah, Ida Lailatul. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat NasabahUntuk Menabung Di Bank Muamalat Cabang Madiun.” Dalam FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, Vol. 4, 2016.

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.

Rosmanidar, E., Ahsan, M., Al-Hadi, A. A., & Thi Minh Phuong, N. (2022). Is It Fair To Assess the Performance of Islamic Banks Based on the Conventional Bank Platform? ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 23(1), 1–21.

Salim, Joko. Step by Step Internet Promotion. Elex Media Komputindo.

S.s, Arif Yusuf Hamali. 2016, Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. Kencana.

Syamsul rizal, 2018, Perbankan komputer terori dan praktikum, Yogyakarta.

Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25.

Usdeldi, U., Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2022). The Mediate Effect Of Sharia Compliance on The Performance of Islamic Banking in Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(1), 247–264.

Wahyu Agus winarno, analisis minat penggunaan Mobile banking dengan pendekatan technology acceptance model (TAM) ,(e jurnal ekonomi bisnis dan akuntansi, 2017).

Wiji Nurastuti, teknologi Perbankan, (Yogyakarta: Graha Ilmu,2011), 130.

Published

2022-09-29