PENGARUH KYAI TERHADAP MINAT MENABUNG SANTRI DI BMT NURUL IMAN (Studi Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Muaro Sebapo Muaro Jambi)

Authors

  • Sissah Sissah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Subhan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Willy Susanto Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v1i1.839

Keywords:

kyai, minat menabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kyai terhadap minat menabung santri di bmt nurul iman (studi kasus pondok pesantren nurul iman muaro sebapo). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif melalui kuesioner dengan instrument skala likert. Hasil penelitian menunjukkan pengujian reliabilitas variabel kyai yang menghasilkan angka Cronbach's Alpha sebesar 0,877 > 0,60. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel kyai (X) reabilitasnya dinyatakan reliabel karena hasil Cronbach's Alpha lebih besar dari 0,60.dengan koefesien determinasi 83% dan jelas bahwa kyai berpengaruh terhadap minat menabung santri di bmt nurul iman adalah positif.

References

Buku

A.A. miftah, buku pedoman penulisan skripsi, 2021

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Ridwan, pengantar statistic social ,bandung: alfabeta, 2012.

Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, bandung: alfabeta, 2016. Sigit Suyantoro, Mengolah Data Statistik Hasil Penelitian Menggunakan SPSS, Yogyakarta:

Wahana Komputer Semarang, 2014.

Jurnal

Abdul haris romdhoni, dita ratnasari. pengaruh pengetahuan kualitas pelayanan, produk dan relegiulitas terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk simpanan pada lembaga keuangan mikro syariah. 2018.

Isnaeni maulida, analisis pengaruh promosi dan pelayanan terhadap minat nasabah menabung pada bmt taruna sejahtera cabang tuntang. Jurnal ekonomi. Skripsi : fakultas ekonomi dan bisnis islam. 2016

Mohammad masrur, figur kyai dan pendidikan karakter di pondok pesantren. Jurnal ilmiah pendidikan. Vol 1. 2017.

Muhammad subhan, Strategi Pemasaran Syari'ah Pada Bmt Al-Amanah Dalam Meningkatkan Modal Dan Penyaluran Pembiayaan. jurnal ekonomi dan bisnis. Vol 2. No 1. 2018.

Nengsih, T. A., Bertrand, F., Maumy-Bertrand, M., & Meyer, N. (2019). Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set. Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, November.

Nengsih, T. A. (2021). Jambi Province Economic Growth using Principal Component Regression in Islamic Economic Perspective. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 36(01).

Nengsih, T. A., Nofrianto, N., Rosmanidar, E., & Uriawan, W. (2021). Corporate Social Responsibility on Image and Trust of Bank Syariah Mandiri. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 13(1), 151–170.

Nova atriana, pengaruh reputasi dan investasi produk tabungan terhadap keputusan menabung pada bank syariah di Bandar lampung.Jurnal, vol 1.2017.

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.

Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25.

Published

2021-09-18