PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERILAKU KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus Masyarakat Rimbo Bujang)
DOI:
https://doi.org/10.30631/92564582Kata Kunci:
Gaya Hidup, Perilaku Keuangan Syariah, Keputusan Menabung.Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh dari gaya hidup dan perilaku keuangan syariah terhadap keputusan menabung di bank syariah Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 dengan teknik penarikan sampel adalah random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEMPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variabel gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah Indonesia pada masyarakat di Rimbo Bujang. 2) variabel perilaku keuangan syariah memiliki pengaruh terhadap keputusan menabung di bank syariah Indonesia pada masyarakat di Rimbo Bujang. 3) Dari hasil nilai R-square bahwasanya variabel bebas berpengaruh sebesar 64,5%.
Referensi
Abdullah, Sait. Teori Perbankan Islam Dan Praktiknya Di Indonesia. Jakarta: Insani, 2019.
Aziz, Rizki. Perbankan Islam Di Indonesia: Teori Dan Praktek. Jakarta: Al-Qalam, 2020.
Damiati, Luh Masdarini, Made Suriani, Ni Desak Made, and Cok. Perilaku Konsumen. Depok: PT RajaGrafindo, 2017.
Febriliantino, Edofahnni, Ika Indriasari, and M. Fadjar Darmaputra. “Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Dan Faktor Demografi Terhadap Pengambilan Keputusan Menabung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Pgri Semarang).” Jpro 5, no. 1 (2024): 122–127.
Gracia, Fransisca, Isni Andriana, and Fida Muthia. “Pengaruh Perilaku Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Menabung Emas Pada Nasabah PT. Pegadaian (Studi Kasus PT. Pegadaian Cabang Pangkalan Kerinci).” Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 6, no. 4 (2024): 4411–4426.
Gunawan, Ade. Monograf Pengukuran Literasi Keuangan Syariah Dan Literasi Keuangan. Medan: Umsupress, 2022.
Halizah, Siti Nur, and Didit Darmawan. “Strategi Keuangan Unggul: Membedah Peran Ekonomi Keluarga Dan Gaya Hidup Dalam Menentukan Minat Menabung Di Kecamatan Waru, Sidoarjo.” EBIS-Jurnal Ekonomi dan Bisnis 13, no. 2 (2023).
Huda, Mualimul. Prinsip-Prinsip Perbankan Syariah Dalam Mengelola Keuangan. Bandung: Alphabeta, 2022.
Nasution, Aida Rahmi. Pengantar Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga, 2017.
Paendong, Mellisa, and Maria V. J. Tielung. “PENGARUH KEBUTUHAN DAN GAYA HIDUPTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANPONSEL SMARTFRENDI GALERI SMARTFRENCABANG MANADO.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 16, no. 4 (2016): 387–395.
Risnawati, Riris. “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Milenial Di Kabupaten Bone).” Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi 13, no. 1 (2021).
Riyadi, Mohamad. Ekonomi Syariah Dan Keuangan: Teori, Praktik, Dan Tren Masa Depan. Jakarta: Rajawali, 2021.
Subaidi, Bayu Agus, and Liyanto Liyanto. “Pengaruh Literasi Keuangan, Religiusitas Dan Keamanan Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Di Kabupaten Sumenep).” Jurnal Penelitian Mahasiswa 3, no. 1 (2023). https://journal.unimar-amni.ac.id.
Sulaiman, Herri. Ekonomi Dan Keuangan Syariah: Prinsip Dan Aplikasinya. Jakarta: Fajar Utama, 2017.
Suryani, Tatik. Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global: Menciptakan Nilai Unggul Untuk Kepuasan Nasabah. Jakarta: Prenamedia Group, 2017.
Suyanto. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam: Teori Dan Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Yogyakarta: Andi, 2015.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MARGIN: Journal of Islamic Banking

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
International Journal of Islamic Education, Research, and Multiculturalism is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
