Pemodelan Sistem Informasi Penjadwalan Guru Menggunakan UML Di SMP Negeri 19 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.30631/jisco.v3i1.119Kata Kunci:
Sistem Informasi, Penjadwalan Guru, Pemodelan UML, SMP Negeri 19 Kota Jambi, Model SistemAbstrak
Penelitian ini bertujuan merancang model sistem informasi penjadwalan guru untuk mengatasi permasalahan penjadwalan manual di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Tahap pra-penelitian mengidentifikasi bahwa metode manual saat ini memakan waktu, rentan konflik, dan sulit direvisi, mendorong kebutuhan akan otomatisasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi menegaskan kebutuhan fungsional (pengelolaan data, otomatisasi jadwal, deteksi konflik) dan non-fungsional (kemudahan penggunaan, responsivitas, keamanan) sistem. Berdasarkan analisis ini, model dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML), mencakup Use Case, Activity, Class, dan Sequence Diagram, yang secara komprehensif memvisualisasikan arsitektur dan fungsionalitas sistem. Model yang dihasilkan kemudian divalidasi dengan pakar atau pihak terkait di SMP Negeri 19 Kota Jambi, menunjukkan bahwa model tersebut sesuai dengan kebutuhan dan memiliki potensi implementasi yang tinggi. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model sistem informasi penjadwalan guru yang diusulkan adalah solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi penjadwalan di SMP Negeri 19 Kota Jambi, serta dapat menjadi panduan konkret untuk pengembangan sistem di masa mendatang.
Kata kunci: Sistem Informasi, Penjadwalan Guru, UML, SMP Negeri 19 Kota Jambi, Model Sistem



