PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 4 TANJUNG JABUNG BARAT PADA MATERI TAUHID
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Tauhid, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Tauhid melalui metode Problem-Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Negeri 04 Tanjung Jabung Barat. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model McTaggart, penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam satu siklus dengan empat kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara, yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PBL berhasil meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 65 menjadi 85, yang mencerminkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep Tauhid. Siswa lebih aktif dalam pembelajaran melalui diskusi kelompok dan pemecahan masalah, serta menunjukkan perkembangan dalam keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Guru berperan sebagai fasilitator untuk mendukung proses belajar yang lebih bermakna. Metode PBL menciptakan pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kehidupan siswa. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi guru dan praktisi pendidikan untuk menerapkan PBL sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mendukung pembentukan karakter Islami siswa







