MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TENTANG ZAKAT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 062/UU PADANG LALANG

Authors

  • Hanizar SDN NO 62/II PADANG LALANG, BUNGO, JAMBI, INDONESIA

Keywords:

Minat Belajar, Project Based Learning, Zakat, Pendidikan Agama Islam, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 062/II Padang Lalang terhadap materi zakat dalam Pendidikan Agama Islam melalui penerapan metode Project Based Learning  (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model McTaggart, yang terdiri dari satu siklus dengan empat kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan, yang berfokus pada aktivitas siswa, tingkat partisipasi, dan pemahaman terhadap materi zakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa. Siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, aktif dalam diskusi, dan bersemangat menyelesaikan proyek kelompok berupa pembuatan poster edukatif tentang zakat. Selain itu, terjadi peningkatan keterampilan kerja sama dan kemampuan berpikir kritis siswa. Proyek yang dihasilkan tidak hanya mencerminkan pemahaman yang mendalam terhadap materi zakat, tetapi juga menunjukkan kreativitas siswa. Kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum juga meningkat melalui presentasi hasil proyek. Meskipun terdapat tantangan dalam pengelolaan waktu dan motivasi beberapa siswa, secara keseluruhan metode PjBL terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan bermakna. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode PjBL untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TENTANG ZAKAT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 062/UU PADANG LALANG. (2025). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 257-270. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2919