MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PERAN (ROLE-PLAYING) PADA SISWA KELAS V SDN 143/VIII TELUK KEMBANG JAMBI

Authors

  • Marlita Marlita SDN. 143/VIII TELUK KEMBANG JAMBU, TEBO, JAMBI, INDONESIA

Keywords:

Bermain Peran, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Role Playing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas V SDN 143/VIII Teluk Kembang Jambu melalui pendekatan bermain peran (role-playing). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model McTaggart, yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam satu siklus dengan empat kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan guru, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain peran secara signifikan meningkatkan minat belajar peserta didik. Selama proses pembelajaran, peserta didik menunjukkan antusiasme, keterlibatan aktif, dan rasa percaya diri yang lebih tinggi. Aktivitas bermain peran memungkinkan peserta didik untuk memahami konsep-konsep agama secara konkret melalui simulasi situasi nyata, seperti membantu teman, mempraktikkan tata cara ibadah, dan menghadapi dilema moral. Selain meningkatkan minat belajar, metode ini juga memperbaiki dinamika kelas dengan menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif. Kesimpulannya, pendekatan bermain peran merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, serta dapat diadaptasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan pada berbagai mata pelajaran

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PERAN (ROLE-PLAYING) PADA SISWA KELAS V SDN 143/VIII TELUK KEMBANG JAMBI. (2025). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 161-172. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2881