MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAFALAN PADA KELAS V SDN 147/II KAMPUNG BARU

Penulis

  • Fadilah Tunisa SD NEGERI 147/II KAMPUNG BARU, BUNGO, JAMBI, INDONESIA

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Hafalan, PAI, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas V SD Negeri 147/II Kampung Baru melalui penggunaan metode hafalan. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model McTaggart, yang terdiri dari satu siklus dengan lima kali pertemuan. Setiap pertemuan dirancang dengan menggunakan teknik hafalan bervariasi, seperti hafalan berirama, latihan kelompok, dan permainan memori, untuk membantu peserta didik mengingat dan memahami materi yang diajarkan. Data penelitian diperoleh melalui tes hafalan yang dilakukan sebelum dan sesudah setiap pertemuan, serta observasi keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan hafalan peserta didik, dengan rata-rata nilai tes meningkat dari 60 pada tes awal menjadi 85 pada tes akhir. Selain itu, metode hafalan juga berhasil meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, dan rasa percaya diri peserta didik. Guru berperan sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dan umpan balik untuk mendukung keberhasilan pembelajaran. Kesimpulannya, metode hafalan merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan belajar peserta didik, serta dapat diadaptasi untuk berbagai mata pelajaran lain yang membutuhkan penguasaan materi secara mendalam

Diterbitkan

2025-01-27

Cara Mengutip

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAFALAN PADA KELAS V SDN 147/II KAMPUNG BARU. (2025). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 150-160. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2880