MENINGKATKAN HASIL PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VI SDN 123/VII DESA BUKIT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Lindawati Lindawati SD 123/VII DESA BUKIT, KEC. PELAWAN, KABUPATEN SAROLANGUN, JAMBI, INDONESIA

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Inovasi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VI SD 123/VII Desa Bukit dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model McTaggart yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama satu siklus dalam satu bulan, dengan melibatkan lembar observasi, catatan harian guru, dan tes hasil belajar sebagai alat ukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Siswa menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi PAI, kemampuan berpikir kritis yang lebih baik, dan antusiasme yang meningkat dalam proses pembelajaran. Selain itu, pembelajaran berbasis masalah ini juga berhasil membangun kemampuan kerja sama siswa dalam menyelesaikan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Model PBL terbukti efektif untuk diterapkan di sekolah dasar sebagai alternatif pembelajaran inovatif. Guru disarankan untuk terus melakukan evaluasi terhadap implementasi model ini guna memastikan keberlanjutan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-01-27

Cara Mengutip

MENINGKATKAN HASIL PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VI SDN 123/VII DESA BUKIT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING . (2025). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 110-123. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2877