UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING WITH A QUESTION TEMA CERITA TENTANG DAERAHKU MIS AL FAJRI TANJUNGBALAI

Authors

  • Mahluddin UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
  • Nilawati Sianipar MIS AL FAJRI TANJUNG BALAI
  • Indah Wahyuni Juni MIS MIFTAHUL ULUM SERUT 02
  • Lina Fitriyah MI MUHAMMADIYAH SENTONO
  • Mariana MIS HUBBUL WATHON
  • Mulyani MIS AL IKHLAS

Keywords:

Cerita, Daerahku, Hasil Belajar, Learning with a question, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIS Al Fajri Tanjungbalai dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question pada tema "Cerita Tentang Daerahku" subtema "Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia". Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 52,08% pada pra-siklus menjadi 83% pada siklus II, dengan ketuntasan klasikal meningkat dari 13% menjadi 91%. Aktivitas guru juga meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II, menunjukkan peningkatan efektivitas dan interaksi dalam mengajar. Aktivitas siswa meningkat dari 71% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II, menunjukkan peningkatan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran Learning Start With A Question terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran di kelas IV MIS Al Fajri Tanjungbalai. Model ini dapat dijadikan sebagai alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-08-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING WITH A QUESTION TEMA CERITA TENTANG DAERAHKU MIS AL FAJRI TANJUNGBALAI. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 66-79. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2657