PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE ROLE PLAYING DI SDN 169/II LUBUK TELAU

Penulis

  • Risnita Risnita UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
  • Abdul Hayat SDN 169/II LUBUK TELAU
  • Abdullah Abdullah SDN 245/VI TIARO II
  • Abu Hajar SDN 23/VI RANTAU PANJANG I
  • Ade Cahyana SDN 061/II SEKAMPIL
  • Adi Candra SMPN 28 SAROLANGUN

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Role Playing

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berfokus pada upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VI SDN 169/II Lubuk Telau, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, yang tercermin dalam nilai ujian tengah semester ganjil. Hanya 10 dari 23 siswa yang berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), menunjukkan bahwa pembelajaran masih monoton, kurang aktif, dan kurang mampu meningkatkan pemahaman siswa. Metode yang digunakan dalam PTK ini adalah Role Playing. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Siklus I, yang berfokus pada materi tentang kisah Khalifah Umar bin Khattab, menunjukkan peningkatan hasil belajar dan ketuntasan siswa. Jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 44% (10 siswa) pada pra siklus menjadi 61% (14 siswa) pada siklus I. Rata-rata nilai kelas juga mengalami peningkatan, dari 72 pada pra siklus menjadi 73 pada siklus I. Namun, hasil ini belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu 70% siswa tuntas dan rata-rata kelas 75. Hal ini mendorong peneliti untuk melanjutkan ke siklus II, yang berfokus pada materi tentang meneladani perilaku Khalifah Umar bin Khattab. Siklus II menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan. Jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 83% (19 siswa) dengan rata-rata kelas naik menjadi 81. Hasil ini menunjukkan bahwa metode Role Playing berhasil meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan siswa, serta menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran PAI di kelas VI SDN 169/II Lubuk Telau.

Diterbitkan

2023-01-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE ROLE PLAYING DI SDN 169/II LUBUK TELAU. (2023). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 24-32. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2652