MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE INDEX CART MATCH PEMBELAJARAN SKI MIS NURUL HAQ KELAS IV KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI

Penulis

  • Ilyas Idris UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
  • Sariyun Sariyun MIS NURUL HAQ
  • Sumiati Sumiati MIN 4 MUARO JAMBI
  • Susanti Susanti MIS TARBIYATUL MUBTADIIN
  • Taufik Taufik MAS KOTO PETAI KERINCI
  • A Basit SDN 086/IX TEBAT PATAH

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Index Cart Match, Kooperatif, Madrasah

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pemahama Pemahaman tentang dasar-dasar aqidah khususnya materi Nabi Muhammad Saw, pada mata Sejara Kebudayaan Islam (SKI), metode yang digunkan masih konvensional yaitu metode ceramah oleh sebab itu pendekatan ini cenderung bersifat monoton dan kurang interaktif, sehingga tidak mampu mengoptimalkan pemahaman siswa tentang Materi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Index Cart Match  diterapkan selama dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I, sebanyak 69,56% siswa memenuhi KKM, sementara pada siklus II meningkat menjadi 86,95%. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Index Cart Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebidayaan Islam (SKI). Model  Pembelajaraan Kooperatif Tipe Index Cart Match terbukti efektif dalam membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa, mendorong mereka untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah secara mandiri.

Diterbitkan

2023-01-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE INDEX CART MATCH PEMBELAJARAN SKI MIS NURUL HAQ KELAS IV KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI. (2023). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 1-12. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2650