MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE INDEX CART MATCH PEMBELAJARAN SKI MIS NURUL HAQ KELAS IV KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Index Cart Match, Kooperatif, MadrasahAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pemahama Pemahaman tentang dasar-dasar aqidah khususnya materi Nabi Muhammad Saw, pada mata Sejara Kebudayaan Islam (SKI), metode yang digunkan masih konvensional yaitu metode ceramah oleh sebab itu pendekatan ini cenderung bersifat monoton dan kurang interaktif, sehingga tidak mampu mengoptimalkan pemahaman siswa tentang Materi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Index Cart Match diterapkan selama dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I, sebanyak 69,56% siswa memenuhi KKM, sementara pada siklus II meningkat menjadi 86,95%. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Index Cart Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebidayaan Islam (SKI). Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Index Cart Match terbukti efektif dalam membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa, mendorong mereka untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah secara mandiri.







