MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS V MI RAUDLATUS SHIBYAN GALIS JAWA TIMUR

Penulis

  • AHMAD WAHYUDI MI RAUDLATUS SHIBYAN GALIS
  • DENI IRWANTO MIS YAPPI TEKIK
  • DESI NURAENI RA MIFTAHUSSURUR
  • FAUZI FAUZI MTSS ARROWIYAH
  • KHOTIMAH KHOTIMAH MIS DARUL HUDA
  • MUHAMMAD AKIL MAS NURUL IMAN

Kata Kunci:

Demonstrasi, Motivasi, Madrasah

Abstrak

Penelitian tindakan ini dilaksanakan di MI Raudlatus Shibyan Galis, Bangkalan, Jawa Timur, berfokus pada peningkatan motivasi belajar siswa melalui penggunaan metode demonstrasi. Penelitian ini menggali latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaatnya. Kerangka teoritis mencakup penelitian sebelumnya dan hipotesis penelitian. Bagian metodologi menjelaskan jenis penelitian, variasi, populasi, sampel, sumber data, teknik pengumpulan data, analisis, dan metode pengujian hipotesis. Analisis data dilakukan setelah setiap intervensi dan pengumpulan data, dengan menggunakan lembar observasi dan daftar nilai akidah akhlak. Analisis deskriptif diterapkan pada data kuantitatif untuk merefleksikan dan menarik kesimpulan dari temuan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami dan mendeskripsikan peran dan aktivitas guru akidah akhlak sebagai pengaruh utama terhadap siswa mereka. Bagian hasil dan diskusi menyajikan deskripsi objek penelitian, temuan dari pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2, diikuti dengan diskusi hasil. Studi ini menyimpulkan dengan wawasan tentang efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, didukung oleh hasil pengujian hipotesis. Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan dengan menyoroti pentingnya metode pengajaran inovatif dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.

Diterbitkan

2024-07-30

Cara Mengutip

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS V MI RAUDLATUS SHIBYAN GALIS JAWA TIMUR. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 39-46. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2649