MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV MI AL-ISLAM, JAWA TENGAH

Penulis

  • SURYANI SURYANI MI AL ISLAM
  • YUHDI YUHDI MTSN 2 TANJABBAR
  • YUNILZA YUNILZA MI TALANG LINDUNG
  • AAN JUNAIDI MTSN 3 SAROLANGUN
  • ENTANG KAMALUDIN MI NURUL QUR'AN SELAWI
  • KADAR MUTTAKIN MI PERSIS GARUT KERSAMANAH

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Madrasah, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, di mana metode ceramah konvensional yang digunakan guru dianggap kurang efektif. Dalam penelitian ini, model PBL diterapkan selama dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I, sebanyak 62,5% siswa memenuhi KKM, sementara pada siklus II meningkat menjadi 75%. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Model PBL terbukti efektif dalam membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa, mendorong mereka untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah secara mandiri.

Diterbitkan

2024-07-30

Cara Mengutip

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV MI AL-ISLAM, JAWA TENGAH. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 1-10. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2645