PENERAPAN MEDIA PEMBELAJAERAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV SDN 062/VIII TELUK PANDAN RAMBAHAN
Keywords:
Asmaul Husna, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 062/VIII Teluk Pandan Rambahan pada materi Asmaul Husna melalui penerapan media audiovisual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model McTaggart dengan satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Setiap pertemuan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas IV, dengan pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Asmaul Husna. Rata-rata nilai pre-test siswa sebelum pembelajaran adalah 56, sedangkan rata-rata nilai post-test setelah pembelajaran meningkat menjadi 81, dengan 90% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Media audiovisual juga menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif, yang mendorong keterlibatan aktif siswa selama pembelajaran. Aktivitas seperti diskusi kelompok, tugas kreatif, dan pemanfaatan video interaktif meningkatkan motivasi belajar siswa dan mempermudah peneliti dalam menyampaikan materi. Kesimpulannya, penggunaan media audiovisual secara efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media serupa untuk pembelajaran mata pelajaran lain guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna.







