UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD NEGERI 34/X LAMBUR
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Sekolah Dasar, Menyambut Usia BalighAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Menyambut Usia Baligh" melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 34/X Lambur. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model McTaggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari lima pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) serta observasi keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 58 meningkat menjadi 85 pada post-test. Selain itu, peserta didik menunjukkan peningkatan keterlibatan aktif, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi selama proses pembelajaran. PBL memberikan pengalaman belajar yang relevan dan kontekstual, membantu peserta didik memahami materi secara mendalam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Peran guru sebagai fasilitator juga terbukti efektif dalam mendukung keberhasilan model ini. Kesimpulannya, PBL merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk mengadopsi model PBL dalam pembelajaran guna menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan.







