MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QURAN SISWA KELAS V SDN 135/IV KOTA JAMBI DENGAN METODE PEMBIASAAN
Keywords:
Minat Baca Al-Quran, Metode Pembiasaan, 1 Hari 1 Surah, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca Al-Quran siswa kelas V SDN 135/IV Kota Jambi menggunakan metode pembiasaan "1 Hari 1 Surah." Metode ini diterapkan dalam desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama satu siklus dalam satu bulan dengan melibatkan lembar observasi dan catatan harian guru sebagai alat ukur. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat baca Al-Quran siswa. Selama proses pembiasaan, siswa menjadi lebih aktif dan antusias membaca Al-Quran, bahkan tanpa diminta. Kebiasaan ini tetap berlanjut di bulan berikutnya, di mana siswa meminta program tersebut diadakan kembali. Selain itu, program ini memberikan dampak positif terhadap karakter dan spiritualitas siswa, meningkatkan inisiatif, kemandirian, dan disiplin mereka. Metode pembiasaan ini terbukti efektif dan berpotensi diterapkan di sekolah lain untuk mengatasi rendahnya minat baca Al-Quran. Guru disarankan untuk melakukan evaluasi rutin terhadap pelaksanaan program guna memastikan keberlanjutan dan peningkatan efektivitasnya. Dengan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua, program ini dapat menjadi salah satu solusi strategis dalam membangun generasi yang mencintai Al-Quran dan menjadikannya bagian dari kehidupan sehari-hari.







