MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN GAME EDUKASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 15/II CANDI KECAMATAN TANAH SEPENGGAL
Keywords:
Edukasi, Game, Permainan, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penggunaan game edukasi. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri 15/II Candi dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari satu siklus dengan empat pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan catatan lapangan, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi dapat menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Game edukasi juga memungkinkan siswa dengan berbagai gaya belajar, seperti visual, kinestetik, dan auditory, untuk memahami materi dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, aktivitas kelompok dalam game membantu meningkatkan kerjasama, komunikasi, dan pengembangan karakter siswa. Meskipun terdapat tantangan terkait ketersediaan perangkat teknologi, manfaat yang diperoleh jauh lebih besar. Game edukasi terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat pemahaman materi, dan mengajarkan nilai-nilai sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi pembelajaran berbasis teknologi, seperti game edukasi, memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam pembelajaran PAI. Temuan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk pengembangan metode pembelajaran lainnya.







