MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 151/1 AMPELU MUDO DENGAN METODE DISKUSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Saliyem SDN 151/1 AMPELU MUDO, BATANGHARI, JAMBI, INDONESIA

Keywords:

Diksusi Kelompok, Hasil Belajar, Keimanan pada Rasul, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 151/1 Ampelu Mudo pada materi Beriman kepada Rasul-Rasul Allah melalui penerapan metode diskusi kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam satu siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap pertemuan dirancang untuk membahas aspek-aspek penting materi, seperti pengertian Rasul, sifat-sifat utama Rasul, dan nilai-nilai keteladanan Rasul. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada akhir siklus dan dianalisis secara kuantitatif untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 65 pada tahap pra-tindakan menjadi 78,06 pada akhir siklus. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 40% menjadi 80%. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan dalam keterampilan sosial, seperti komunikasi, kerja sama, dan berpikir kritis. Aktivitas diskusi kelompok menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan inklusif, di mana siswa lebih aktif terlibat dalam proses belajar. Kesimpulannya, metode diskusi kelompok berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Metode ini dapat menjadi pendekatan alternatif yang efektif untuk pembelajaran pendidikan agama Islam, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai keimanan pada siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 151/1 AMPELU MUDO DENGAN METODE DISKUSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (2025). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 283-297. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2921